Main Article Content
Abstract
Meningkatnya permintaan produk makanan halal mengakibatkan terjadinya pasar global yang bebas saat ini, seperti trend makanan korea yang masuk ke Indonesia. Namun demikian, hal tersebut memberikan tantangan sekaligus kekhawatiran bagi generasi muslim dalam kebebasan memilih makanan untuk dikonsumsi tanpa memperhatikan kehalalan produk tersebut. selain itu, studi untuk menelaah faktor yang mempengaruhi minat beli produk makanan belum stabil. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku dalam theory of planned behavior pada minat beli produk halal Samyang food. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian dilakukan pada generasi muslim di Kabupaten Kudus yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk halal Samyang food dengan sampel sebanyak 100 responden, sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku dalam theory of planned behavior berpengaruh signifikan pada minat beli produk halal Samyang food.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Afriyanti, Nonie dan Aulia Raudhatul Jannah. 2021. "Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Intensi Menggunakan Kosmetik Berlabel Halal (Studi Mahasiswa FEBI IAIN BEngkulu)." Journal of Indonesian Islamic Economic and Finance 1. no. 1
- Ajzen, Icek. 2005. Attitudes, Personality and Behavior. New York: Open University Press Amalia, Fatya Alty, dkk. 2020. “Indonesian Millenials Halal Food Purchasing: Merely a Habit?.” Journal of British Food 122. no. 4
- Amalia, Rika Yulita dan Syifa Fauziah. 2018. "Perilaku Konsumen Millenial Muslim Pada Resto Bersertifikasi Halal Di Indonesia: Implementasi Teori Perilaku Terencana Ajzen." Journal of Economics and Business Aseanomics 3. no. 2
- Effendi, Riyanto, dkk. 2020. "Faktor-Faktor Niat Membeli Makanan Berlabel Halal Pada Mahasiswa Muslim Yogyakarta." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6. no. 1
- Ihsanda, Ahmad Bariq Arya dan Mahir Pradana. 2021. "Analysis of Buying Interest and Consumer Attitude to Halal Food at A&W Restaurant Brand." Journal of Management 8
- Ikhsan, Reza Rizki Nur dan Sukardi. 2020. "Pengaruh Religiusitas , Sikap , Norma Subjektif , Dan Kontrol Perilaku Terhadap Niat Membeli Produk Kosmetik Halal Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta." Jurnal Ilmiah EKonomi Global Masa Kini 11. no. 01
- Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga
- Kuncoro, Mudrajad. 2001. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN
- Kurniawati, Denny dan Sumari. 2018. "Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, Sikap Dan Norma Subjektif Terhadap Perilaku Konsumen Muslim Dalam Konsumsi Produk Pangan Halal Di Kabupetan Nganjuk." Jurnal Agribisnis 18. no. 1
- Mariana, Tessa, dkk. 2020. "Prediksi Minat Beli Makanan Cepat Saji Halal : Aplikasi Theory of Planned Behavior." Industrial Research Workshop and National Seminar. 26–27 Agustus
- Mukorobin, Agus, dkk. 2020 "Pengaruh Religiusitas, Norma Subjektif, Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Niat Beli Makanan Berlabel Halal (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2016)" Jurnal Riset Manajemen 9
- Rizaty, Monavia Ayu. “Skor Indeks Makanan Halal Indonesia Peringkat 4 di Dunia,” Data boks. 6 September 2021. diakses pada 23 Desember 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/06/skor-indeks-makanan-halal-indonesia-peringkat-4-di-dunia
- Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset
- Sherwani, Mehkar. 2018. "Determinants of Halal Meat Consumption in Germany." Journal of Islamic Marketing 9. no. 4
- Siaputra, Hanjaya dan Enrico Issac. 2020. "Pengaruh Attitude, Subjective Norm, and Perceived Behavior Control Terhadap Purchase Intention Makanan Sehat Di Crunchaus Surabaya." Jurnal Manajemen Perhotelan 6. no. 1
- Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasia Media Publishing
- Wahyuningsih, Indah. 2018. "Intensi Konsumen Terhadap Kosmetik Dan Produk Skincare Halal Di Indonesia: Pendekatan Theory of Planned Behavior." Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) 3. no. 1
- Wardana, Candra Kusuma dan Retno Widowati. 2021. "The Influence of Product Knowledge and Religious Norms on Consumer Purchase Intention Mediated by Attitude." Journal of Business and Management Research 176
References
Afriyanti, Nonie dan Aulia Raudhatul Jannah. 2021. "Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Intensi Menggunakan Kosmetik Berlabel Halal (Studi Mahasiswa FEBI IAIN BEngkulu)." Journal of Indonesian Islamic Economic and Finance 1. no. 1
Ajzen, Icek. 2005. Attitudes, Personality and Behavior. New York: Open University Press Amalia, Fatya Alty, dkk. 2020. “Indonesian Millenials Halal Food Purchasing: Merely a Habit?.” Journal of British Food 122. no. 4
Amalia, Rika Yulita dan Syifa Fauziah. 2018. "Perilaku Konsumen Millenial Muslim Pada Resto Bersertifikasi Halal Di Indonesia: Implementasi Teori Perilaku Terencana Ajzen." Journal of Economics and Business Aseanomics 3. no. 2
Effendi, Riyanto, dkk. 2020. "Faktor-Faktor Niat Membeli Makanan Berlabel Halal Pada Mahasiswa Muslim Yogyakarta." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6. no. 1
Ihsanda, Ahmad Bariq Arya dan Mahir Pradana. 2021. "Analysis of Buying Interest and Consumer Attitude to Halal Food at A&W Restaurant Brand." Journal of Management 8
Ikhsan, Reza Rizki Nur dan Sukardi. 2020. "Pengaruh Religiusitas , Sikap , Norma Subjektif , Dan Kontrol Perilaku Terhadap Niat Membeli Produk Kosmetik Halal Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta." Jurnal Ilmiah EKonomi Global Masa Kini 11. no. 01
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Kuncoro, Mudrajad. 2001. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN
Kurniawati, Denny dan Sumari. 2018. "Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, Sikap Dan Norma Subjektif Terhadap Perilaku Konsumen Muslim Dalam Konsumsi Produk Pangan Halal Di Kabupetan Nganjuk." Jurnal Agribisnis 18. no. 1
Mariana, Tessa, dkk. 2020. "Prediksi Minat Beli Makanan Cepat Saji Halal : Aplikasi Theory of Planned Behavior." Industrial Research Workshop and National Seminar. 26–27 Agustus
Mukorobin, Agus, dkk. 2020 "Pengaruh Religiusitas, Norma Subjektif, Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Niat Beli Makanan Berlabel Halal (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2016)" Jurnal Riset Manajemen 9
Rizaty, Monavia Ayu. “Skor Indeks Makanan Halal Indonesia Peringkat 4 di Dunia,” Data boks. 6 September 2021. diakses pada 23 Desember 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/06/skor-indeks-makanan-halal-indonesia-peringkat-4-di-dunia
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset
Sherwani, Mehkar. 2018. "Determinants of Halal Meat Consumption in Germany." Journal of Islamic Marketing 9. no. 4
Siaputra, Hanjaya dan Enrico Issac. 2020. "Pengaruh Attitude, Subjective Norm, and Perceived Behavior Control Terhadap Purchase Intention Makanan Sehat Di Crunchaus Surabaya." Jurnal Manajemen Perhotelan 6. no. 1
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasia Media Publishing
Wahyuningsih, Indah. 2018. "Intensi Konsumen Terhadap Kosmetik Dan Produk Skincare Halal Di Indonesia: Pendekatan Theory of Planned Behavior." Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) 3. no. 1
Wardana, Candra Kusuma dan Retno Widowati. 2021. "The Influence of Product Knowledge and Religious Norms on Consumer Purchase Intention Mediated by Attitude." Journal of Business and Management Research 176