Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat respon mahasiswa selama pembelajaran daring pada mata kuliah KEWARGANEGARAAN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan Kuantitaif. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang yang mengambil mata kuliah Kewarganegaraan, yang menjadi Sampel pada penelitian ini 107 orang yang merupakan mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang dengan jurusan Akuntansi dan Manajemen. Instrumen yang digunakan adalah angket respon mahasiswa selama pembelajaran daring dilaksanakan tahun 2021. Berdasarkan pengolahan dan analisis data bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh dosen pada mata kuliah Kewarganegaraan sudah dilaksanakan dengan baik. Respon mahasiswa juga sudah menyenangkan dalam pembelajaran daring, terlihat sebanyak 67,9 % merespon menyenangkan atau Sangat Siap, dan 32,1% merespon cukup menyenangkan atau Cukup Siap. Pembelajaran daring jika dilakukan dengan kesiapan yang baik maka akan mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2),119–129.
- Parwanto, M. (2020). Virus Corona (2019-nCoV) penyebab COVID-19. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(1), 1–2. https://doi.org/10.1038/nsmb1123
- Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Medcom,Id, 4(2), 1. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179
- Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2),109–119.https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
- Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
- Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1) https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386
- Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 31(1), 1–12. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/in
- Yani Fitriyani, Irfan Fauzi, M. Z. S. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175.
- Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on Students’ Motivation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 181(2015), 423–430.
- Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
- Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102
- Alimuddin. Tawany Rahamma, dan M. Nadjib. 2015. Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana Di Universitas Hasanuddin. (http:// 95461-ID-intensitas-penggunaan-e-learningdalam-m, diakses 10 Februari 2020).
- Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan, 210–219.
- Hadisi, dan Muna. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran ( E-Learning ). Jurnal Al-Ta’dib, 8, 127–132.
- Somantri, M. N. 2001, Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosda Karya dan PPS UPI
- Abdul Azis Wahab & Sapriya. (2012). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: CVAlfabeta
- Sumarsono dkk. (2002). Pendidikan Kewarganeggaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
- Iqbal, H. (2009). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
- Suparjan, Edy, Arif Hidayad, Ilyas, Zulkifli, dan Nurimansyah, M.. 2021. Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan Google Classroom Di Masa Pendemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Pkn. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 14, No. 1, April 2021, e-ISSN: 2407-7437
- Kurniawan, D,A & Makin. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.9 No.2 Edisi Mei 2021
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi
References
Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2),119–129.
Parwanto, M. (2020). Virus Corona (2019-nCoV) penyebab COVID-19. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(1), 1–2. https://doi.org/10.1038/nsmb1123
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Medcom,Id, 4(2), 1. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2),109–119.https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1) https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 31(1), 1–12. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/in
Yani Fitriyani, Irfan Fauzi, M. Z. S. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175.
Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on Students’ Motivation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 181(2015), 423–430.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102
Alimuddin. Tawany Rahamma, dan M. Nadjib. 2015. Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana Di Universitas Hasanuddin. (http:// 95461-ID-intensitas-penggunaan-e-learningdalam-m, diakses 10 Februari 2020).
Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan, 210–219.
Hadisi, dan Muna. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran ( E-Learning ). Jurnal Al-Ta’dib, 8, 127–132.
Somantri, M. N. 2001, Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosda Karya dan PPS UPI
Abdul Azis Wahab & Sapriya. (2012). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: CVAlfabeta
Sumarsono dkk. (2002). Pendidikan Kewarganeggaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Iqbal, H. (2009). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Suparjan, Edy, Arif Hidayad, Ilyas, Zulkifli, dan Nurimansyah, M.. 2021. Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan Google Classroom Di Masa Pendemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Pkn. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 14, No. 1, April 2021, e-ISSN: 2407-7437
Kurniawan, D,A & Makin. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.9 No.2 Edisi Mei 2021
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi