Main Article Content
Abstract
Succession planning ialah proses mengidentifikasi, merancang dan melatih pemimpin yang baru untuk kebutuhan masa depan atau sebagai pengganti pemimpin yang sudah ada untuk melanjutkan kepemimpinan yang dapat diandalkan dalam suatu perusahaan. Career planning ialah proses dimana seorang individu mengetahui jalur karir yang diinginkan dan mencapainya. Penetapan tujuan karir bisa berupa pendek, menengah dan panjang, kemudian menentukan langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuannya. Adanya succession planning dan career planning bagi perusahaan migas itu sangat penting. Selain untuk mempersiapkan talenta baru, tetapi juga dapat membantu seorang individu untuk mengetahui kelebihan, kekurangan, skill dan kemampuan. Perusahaan migas tersebut mementingkan perencanaan karir dan perkembangan karyawan karena mereka tau dengan ini dapat mendorong tenaga kerja yang stabil dan meningkatkan loyalitas karyawan. Untuk mencapai kesuksesan, perusahaan ini menjalankan adanya succession planning dan career planning, tidak hanya memberikan pelatihan.
Kata Kunci: Succession planning, Career Planning, Pemimpin, Pelatihan
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Al-Kautsari, M. M. (2017). Model transisis peningktana partisipasi masyarakat desa: Strategi Pengembangan Usaha Industri Kreatif Kerajinan Batik di Desa Krebet, Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 23. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.011-02
- Azlam, R., & Asse, A. (2018). Strategi pemasaran online (Studi kasus facebook marketing warung bakso mas cingkrang di Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 219–231.
- Baturante, N., Kamase, J., & Nasaruddin, F. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. SEIKO: Journal of Management & Business, 1(2), 117-127.
- Bonita, F. (2013). Strategi Pengembangan Industri Kecil Kerajinan Batik Di Kota Semarang. Economics Development Analysis Journal, 2(3), 234–245.
- Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
- Dahmiri, D., Kartika Wulan Bhayangkari, S., & Tiswiyanti, W. (2021). Pendekatan internet marketing: strategi pengembangan industri kecil menengah kerajinan. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(3), 487–496. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i3.14343
- Ernawati, E., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pengembangan kerajinan anyaman Purun untuk meningkatkan daya saing. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(1), 27–40. https://doi.org/10.21067/jem.v17i1.5215
- Fachrizal, R. (2016). Pengaruh modal dan tenaga kerja terhadap produksi industri kerajinan kulit di Kabupaten Merauke. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 9(2), 66. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.9.2.66-75
- Hesty Heryani, Agung Cahyo Legowo, I. P. N. (2020). Strategi Pengembangan Industri Kreatif untuk Inovasi. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(3), 290–298. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2020.30.3.290
- Ilhamuddin, H. M., Rusminah, R., Hilmiati, H., & Ahyar, M. (2018). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Sektor Kerajinan Perhiasan Mutiara Di Kota Mataram. Jmm Unram - Master of Management Journal, 7(1), 58–69. https://doi.org/10.29303/jmm.v7i1.402
- Joesyiana, K. (2017). Strategi pengembangan industri rumah tangga di kota pekanbaru (Studi kasus usaha tas rajut industri pengolahan kreatifitas tali kur). Jurnal Valuta, 3(1), :159-172.
- Nilalowati, A., Basalamah, S., Arif, M., & Hamzah, F. F. (2021). Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Komitmen Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Perawat Pada Ruang Rawat Inap RS. Ibnu Sina YW UMI Makassar. YUME: Journal of Management, 1(2).
- Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1.19
- Ningsih, N. M. C. (2015). Pengaruh Modal dan Tingkat Upah terhadap Nilai Produksi serta Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Kerajinan Perak. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 8(1), 83–91.
- Nisa, K., Laili, A., Qolbiyatul, S., & Suyanto, M. (2018). Strategi Pemasaran Online dan Offline. Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(1), 55–60. Retrieved from http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2018
- Oblivia, V., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Jurnal Agora, 1 (1)(1), 337–347.
- Gani, A. (2009). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai kantor pelayanan pajak bumi dan bangunan kota Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(1), 220-228.
- Rahayu, D., Nuryadin, M. R., & Rakhmatullah, A. (2018). the Potency and the Strategy of Woven Craft Industry Development in Tapin Regency. Ecoplan, 1(1), 27–35.
- Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(1), 71–90. Retrieved from www.queenova.com,
- Siswanto, D., Basalamah, S., Mus, A., & Semmaila, B. (2020). Transformational leadership, trust, work involvement, soldier's job satisfaction. Management Science Letters, 10(13), 3143-3150.
- Sasmitha, N. P. R., & Ayuningsasi, A. . ketut. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengrajin pada Industri Kerajinan Bambu di Desa Belega Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(1), 64–84.
- Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
- Tungga Dangin, I. G. A. B., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Faktor-Faktor Produksi Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengerajin Pada Industri Kerajinan Kulit Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 681. https://doi.org/10.24843/eeb.2019.v08.i07.p02
- Toto, A. B., Bijang, J., & Kamase, J. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Disiplin dan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah (MA) Di Kabupaten Maros. YUME: Journal of Management, 2(3).
- Yanuar Herlambang. (2015). Peran kreatifitas generasi muda dalam industri kreatif terhadap
References
Al-Kautsari, M. M. (2017). Model transisis peningktana partisipasi masyarakat desa: Strategi Pengembangan Usaha Industri Kreatif Kerajinan Batik di Desa Krebet, Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 23. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.011-02
Azlam, R., & Asse, A. (2018). Strategi pemasaran online (Studi kasus facebook marketing warung bakso mas cingkrang di Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 219–231.
Baturante, N., Kamase, J., & Nasaruddin, F. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. SEIKO: Journal of Management & Business, 1(2), 117-127.
Bonita, F. (2013). Strategi Pengembangan Industri Kecil Kerajinan Batik Di Kota Semarang. Economics Development Analysis Journal, 2(3), 234–245.
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
Dahmiri, D., Kartika Wulan Bhayangkari, S., & Tiswiyanti, W. (2021). Pendekatan internet marketing: strategi pengembangan industri kecil menengah kerajinan. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(3), 487–496. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i3.14343
Ernawati, E., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pengembangan kerajinan anyaman Purun untuk meningkatkan daya saing. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(1), 27–40. https://doi.org/10.21067/jem.v17i1.5215
Fachrizal, R. (2016). Pengaruh modal dan tenaga kerja terhadap produksi industri kerajinan kulit di Kabupaten Merauke. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 9(2), 66. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.9.2.66-75
Hesty Heryani, Agung Cahyo Legowo, I. P. N. (2020). Strategi Pengembangan Industri Kreatif untuk Inovasi. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(3), 290–298. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2020.30.3.290
Ilhamuddin, H. M., Rusminah, R., Hilmiati, H., & Ahyar, M. (2018). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Sektor Kerajinan Perhiasan Mutiara Di Kota Mataram. Jmm Unram - Master of Management Journal, 7(1), 58–69. https://doi.org/10.29303/jmm.v7i1.402
Joesyiana, K. (2017). Strategi pengembangan industri rumah tangga di kota pekanbaru (Studi kasus usaha tas rajut industri pengolahan kreatifitas tali kur). Jurnal Valuta, 3(1), :159-172.
Nilalowati, A., Basalamah, S., Arif, M., & Hamzah, F. F. (2021). Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Komitmen Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Perawat Pada Ruang Rawat Inap RS. Ibnu Sina YW UMI Makassar. YUME: Journal of Management, 1(2).
Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1.19
Ningsih, N. M. C. (2015). Pengaruh Modal dan Tingkat Upah terhadap Nilai Produksi serta Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Kerajinan Perak. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 8(1), 83–91.
Nisa, K., Laili, A., Qolbiyatul, S., & Suyanto, M. (2018). Strategi Pemasaran Online dan Offline. Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(1), 55–60. Retrieved from http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2018
Oblivia, V., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Jurnal Agora, 1 (1)(1), 337–347.
Gani, A. (2009). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai kantor pelayanan pajak bumi dan bangunan kota Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(1), 220-228.
Rahayu, D., Nuryadin, M. R., & Rakhmatullah, A. (2018). the Potency and the Strategy of Woven Craft Industry Development in Tapin Regency. Ecoplan, 1(1), 27–35.
Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(1), 71–90. Retrieved from www.queenova.com,
Siswanto, D., Basalamah, S., Mus, A., & Semmaila, B. (2020). Transformational leadership, trust, work involvement, soldier's job satisfaction. Management Science Letters, 10(13), 3143-3150.
Sasmitha, N. P. R., & Ayuningsasi, A. . ketut. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengrajin pada Industri Kerajinan Bambu di Desa Belega Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(1), 64–84.
Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
Tungga Dangin, I. G. A. B., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Faktor-Faktor Produksi Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengerajin Pada Industri Kerajinan Kulit Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 681. https://doi.org/10.24843/eeb.2019.v08.i07.p02
Toto, A. B., Bijang, J., & Kamase, J. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Disiplin dan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah (MA) Di Kabupaten Maros. YUME: Journal of Management, 2(3).
Yanuar Herlambang. (2015). Peran kreatifitas generasi muda dalam industri kreatif terhadap