Main Article Content

Abstract

Tempat kerja abad ke-20 sebagian besar ditentukan oleh kurangnya keragaman, komunikasi lintas budaya, dan perspektif yang berbeda.  Syukurlah, era monokultur semakin tertinggal di milenium baru. . Masyarakat dengan cepat berubah menjadi pusat multikultural inklusif yang penuh dengan berbagai bahasa, budaya, kepribadian, perspektif, dan sistem kepercayaan. Budaya lintas dalam dunia bisnis mengacu pada upaya perusahaan untuk memastikan bahwa orang-orangnya berinteraksi secara efektif dengan para profesional dari latar belakang lain.  Seperti kata sifat lintas budaya, ini menyiratkan pengakuan atas perbedaan nasional, regional, dan etnis dalam tata krama dan metode serta keinginan untuk menjembataninya. PT. XYZ merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang frozenfood  yang ada di kota Batam. PT.XYZ telah berdiri sejak tahun 2018. Perusahaan ini terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan golongan.  Dengan keragaman, akan ada banyak tantangan di tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah  melakukan analisis bagaimana budaya organisasi berdasarkan dimensi-dimensi pada PT.XYZ di kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif melalui metode wawancara secara mendalam, dengan narasumber atau informannya adalah  atasan dan bawahan perusahaan. Hasil penelitian ini adalah PT.XYZ mempunyai budaya yang kuat,dengan tingkat kekuasaan yang tinggi, sifat menghindari ketidakpastian yang rendah, kolektivis, mempunyai  sifat asertif yang rendah dan ketepatan waktu yang lebih fleksibel.

Article Details

References

  1. Adler, N. J. (2002). International Dimensions of Organizational Behavior. South-Western. https://books.google.co.id/books?id=KnC1AAAAIAAJ
  2. Goel, S. (2022). What is Cross Cultural Management? Tutorialspoint.Com. https://www.tutorialspoint.com/what-is-cross-cultural-management
  3. Hall, E. T. (1973). The silent language. Anchor.
  4. Herbig, P., & Dunphy, S. (1998). Culture and innovation. Cross Cultural Management: An International Journal.
  5. Hofstede, G. (1980). Culture’s Consequences: International Differences in Work-Related Values. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=hW6AAAAAMAAJ
  6. Hofstede, G. (2001). Culture’s Consequences: Comparing Values, Behaviors, Institutions and Organizations Across Nations. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=w6z18LJ_1VsC
  7. Hofstede, G. (2011). Dimensionalizing cultures: The Hofstede model in context. Online Readings in Psychology and Culture, 2(1), 1–26.
  8. Hofstede, G., Hofstede, G. J., & Minkov, M. (2010). Cultures and Organizations: Software of the Mind, Third Edition. McGraw Hill LLC. https://books.google.co.id/books?id=o4OqTgV3V00C
  9. House, R. J., Hanges, P. J., Javidan, M., Dorfman, P. W., & Gupta, V. (2004). Culture, Leadership, and Organizations: The GLOBE Study of 62 Societies. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=4MByAwAAQBAJ
  10. Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.
  11. Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.
  12. SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).
  13. Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
  14. Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.
  15. Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
  16. Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.
  17. Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.
  18. Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.
  19. Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.
  20. Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.
  21. Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.
  22. House, R., Javidan, M., Hanges, P., & Dorfman, P. (2002). Understanding cultures and implicit leadership theories across the globe: an introduction to project GLOBE. Journal of World Business, 37(1), 3–10.
  23. Jenifer, R. D., & Raman, G. P. (2015). CROSS CULTURAL COMMUNICATION BARRIERS IN WORKPLACE. International Journal of Management, 6(1), 348–351.
  24. Kase, K., Slocum, A., & Zhang, Y. (2011). Asian versus Western Management Thinking: Its Culture-Bound Nature. Palgrave Macmillan UK. https://books.google.co.id/books?id=Ukh9DAAAQBAJ
  25. Linton, R. (2013). Cultural Background Personality ILS 84. Routledge.
  26. Moleong, L. J. (2013). Metode penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  27. Parsons, T., & Mayhew, L. H. (1985). Talcott Parsons on Institutions and Social Evolution: Selected Writings. University of Chicago Press. https://books.google.co.id/books?id=wT3ABXTdn6IC
  28. The Hofstede, C. (2014). The Hofstede Centre: What about Indonesia? Geerthofstede.Com. http://geerthofstede.com/indonesia.html
  29. Trompenaars, F, & Hampden-Turner, C. (1997). Riding the Waves of Culture: Understanding Cultural Diversity in Business. Nicholas Brealey Publ. https://books.google.co.id/books?id=s1stwQEACAAJ
  30. Trompenaars, Fons, & Woolliams, P. (2003). Business Across Cultures. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=FentAAAAMAAJ