Main Article Content

Abstract

Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin kompleks. Hal ini terlihat dari keadaan saat ini yang persaingan antar usaha kuliner semakin ketat dan kondisi pasar kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan untuk melakukan promosi melalui sosial media marketing agar dapat mengikuti perkembangan terkini. Penelitian ini dilakukan di Fur Elise Café dengan meggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dominan melakukan pengamatan dan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa Fur Elise Café lebih mengenal langkah dengan menggunakan media sosial. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara.  Fur Elise Café ini menggunakan instagram untuk memasarkan produknya. UMKM ini juga memiliki whatsapp business sebagai sarana untuk konsumen dapat membeli produk mereka dengan mudah dan dapat dikirimkan melalui perantara dan dapat dibayar melalui pembayaran digital untuk mempermudah konsumen. Fur Elise Café harus memanfaatkan platform media sosial lainnya untuk menyebarkan iklan. Dalam menjalankan digital marketing Fur Elise Café harus bisa memilih influencer yang memiliki citra yang baik.

Keywords

Media Sosial Pemasaran Digital Fur Elise Café

Article Details

References

  1. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.
  2. Haryadi, T., Senoprabowo, A., & Sulistiyawati, P. (2021). Analisis Perubahan Trend Iklan Gojek Versi Video Animasi Dalam Sudut Pandang Media Dependency. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(01), 16–27.
  3. Hereyah, Y., & Andriani, R. (2020). Gojek Re-Branding Menyasar Pangsa Pasar Milenial (Studi Kasus Rebranding Gojek). Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2–3), 9–20. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/381
  4. Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL BIDANG KEAHLIAN PEMASARAN PADA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NURIS HIDAYAT DESA CURAHNONGKO, KEC. TEMPUREJO KAB. JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40. https://doi.org/10.19184/JPE.V13I2.13854
  5. Maulidya, A. D., Prasetyo, B., Salsabilla, M., & Prakasya, R. A. (2020). Analisis Ekspansi Gojek di Singapura Tahun 2018 Melalui Foreign Direct Investment (FDI). Jurnal Sekuritas, 3(3).
  6. Merdiani, W., Narimawati, U., & Jusuf, D. I. (2021). The Role of Competitive Advantage and Customer Relationship Management in Increasing Interest in Staying Back at Non-Star Hotels in Covid 19 Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5060–5065. https://doi.org/10.33258/BIRCI.V4I3.2295
  7. Mikolajczyk, K., & Nguyen, L. (2023). How to Build a Link Tree for Instagram: The 2023 Guide. Blog.Hootsuite.Com. https://blog.hootsuite.com/link-tree-for-instagram/
  8. Olafson, K. (2021). How to Use WhatsApp for Business: Tips and Tools. Blog.Hootsuite.Com. https://blog.hootsuite.com/whatsapp-marketing/
  9. Prakasa, A. R. (2023). Proposed Communitized Digital Marketing Strategies to Enhance Brand Awareness for Cafe in Tangerang (Study Case: El Primero Cafe & Meet). International Journal of Current Science Research and Review, 06(02), 1168–1180. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v6-i2-34
  10. Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas, 3(1), 102–119. https://doi.org/10.24198/PRH.V3I1.15333