Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisispengaruhKompetensi petugas, Sarana Prasarana terhadap kepuasan pasien melaluikualitaspelayanandi UPTD Puskesmas Antang Perumnas. Desain Penelitian yang digunakan adalah explanatory survey yang bersifat cross sectionaldenganpendekatankuantitatif. Cara penentuansampel yang digunakandalampenelitianinimenggunakanteknikaccidental samplingdenganjumlahsampel yang digunakan100responden. Analisis data menggunakanpath analysis. Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa kompetensi petugas dan saranaprasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Antang Perumnas, hal ini menggambarkan bahwa semakin tinggi kompetensi petugas dan semakin bagus sarana prasarana maka semakin tinggi kualitas pelayanan, sedangkan pengaruh kompetensi petugas terhadapkepuasanpasientidaksignifikan, halinimenggambarkanbagaimanapuntingginyakompetensipetugastidakakanberdampaklangsungkepadakepuasanpasien. Pada saranaprasarana dan kualitaspelayananhasilanalisisnyaberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkepuasanpasien. Untukhasilanalisispengaruhtidaklangsungkompetensi dan saranaprasaranaterhadapkepuasanpasienmelaluikualitaspelayananbernilaipositif dan signifikandimanamenggambarkanbahwakualitaspelayanan yang diberikan oleh PuskesmasAntangPerumnasmerupakan factor yang sangatberperansebagaidasarbagipasienuntukmemanfaatkanjasapuskesmas.