Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 4 Soppeng. 2) Untuk menganalisis pengaruh manajemen berbasis sekolah terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 4 Soppeng. 3) Untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen berbasis sekolah terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 4 Soppeng. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Negeri 4 Soppeng yang berjumlah 77 orang. Dalam penelitian ini semua populasi yaitu guru SMK Negeri 4 Soppeng semua diteliti. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu analisis regresi linier berganda dengan persamaan regresi Y = α + b1X1 + b2X2. uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 4 Soppeng. Artinya apabila tingkat gaya kepemimpinan kepala sekolah mengalami kenaikan maka kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng juga mengalami kenaikan. Sebaliknya apabila gaya kepemimpinan kepala sekolah menurun maka kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng menurun. Manajemen berbasis sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 4 Soppeng. Artinya apabila tingkat Manajemen Berbasis Sekolah mengalami kenaikan maka kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng juga mengalami kenaikan. Sebaliknya apabila Manajemen Berbasis Sekolah menurun maka kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng menurun. Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen berbasis sekolah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 4 Soppeng. Artinya apabila gaya kepemimpinan dan manajemen berbasis sekolah mengalami kenaikan maka kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng juga mengalami kenaikan. Sebaliknya apabila gaya kepemimpinan dan manajemen berbasis sekolah menurun maka kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng juga menurun.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.