Main Article Content
Abstract
Kompetensi dosen menjadi hal yang tidak dapat ditawar lagi jika kita sungguh-sungguh berniat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar yang dicapai oleh mahasiswa, atau lebih jauhnya adalah peningkatan mutu pendidikan. Selain itu motivasi dan lingkungan belajar juga berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, terutama pada mata kuliah Bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris adalah bahasa yang diterima secara universal yang juga memiliki peran penting dalam aspek akademik, dimana mahasiswa tidak hanya bisa menterjemahkan tetapi juga bisa memahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kompetensi dosen, motivasi belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris. Adapun data yang diperoleh dari lapangan dalam bentuk nilai presentase (%) angka-angka yang sifatnya kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dosen, motivasi dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris, kelas MA19 Tahun Akademik 2019/2020 Genap.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- A.M, Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Budi, Winarno. (2012). Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional(Sisdiknas). Jakarta: Sinar Grafika.
- Musfah, Jejen. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
- Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, Nana. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.
- Tirtonegoro, Sutratinah. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: BinaAksara.
- Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT RemajaRosdaka Karya
- Wahyuningsih dan Djazari. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kleas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1):137-160
- Winkel, WS 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media. Abadi Yusuf, Syamsu dan M. Nani Sugandhi. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.
- Irfan, Nurul. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi. Belajar Matematika. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 31, No 1.
- Setiantanti, Trisna Heni. (2017). Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMP, Ekuivalen - Pendidikan Matematika Vol 30, No 1.
- Sulastri. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay–Two Stray Berbantu Asessment. Portofolio untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 30, No 1.
- Tresnawati, Resi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 2.
- Mufidah, Alfi Rahmawati dkk (2019). Hubungan Persepsi, Belajar, dan Motivasi dengan Perilaku Caring Mahasiswa Profesi Ners (Corelation Perception, Learning, and Motivation with Clinical Nursing Students Caring Behaviour). Fundamental And Management Nursing Journal, Vol. 2, No. 2, October.
- Suryani, Lely. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E- Learning Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, Juli 2020. Vol.6, No.2, pp. 275-283.
- Wahyudi Putu Hendra Putra dan Maria Mediatrix Ratna Sari. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Fasilitas Belajar dan Kompetensi Dosen Terhadap Persepsi Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. E-JA e-Jurnal Akuntansi, Vol. 29 No. 3 Denpasar, Desember, Hal. 1083-1093.
- Permatasari, Tissa Octavira. (2016). Faktor Kognitif dan Non-Kognitif pada Seleksi Mahasiswa Baru Sebagai Prediktor terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 1, Juni (80-89).
- Darmayana, I Wayan & Lenny Alvera Shinta. (2019). Korelasi Antara Keterlibatan Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di Smk Negeri 1 Kota Bengkulu. Triadik, Volume 18, No.1, April, p. 66-74.
- Amir, Sriargianti. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa D3 Keperawatan Akper Kaltara Tarakan Semester V Tahun 2018. 10.12345/jikp.v8i02.139.
References
A.M, Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Budi, Winarno. (2012). Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional(Sisdiknas). Jakarta: Sinar Grafika.
Musfah, Jejen. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, Nana. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.
Tirtonegoro, Sutratinah. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: BinaAksara.
Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT RemajaRosdaka Karya
Wahyuningsih dan Djazari. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kleas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1):137-160
Winkel, WS 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media. Abadi Yusuf, Syamsu dan M. Nani Sugandhi. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.
Irfan, Nurul. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi. Belajar Matematika. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 31, No 1.
Setiantanti, Trisna Heni. (2017). Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMP, Ekuivalen - Pendidikan Matematika Vol 30, No 1.
Sulastri. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay–Two Stray Berbantu Asessment. Portofolio untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 30, No 1.
Tresnawati, Resi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 2.
Mufidah, Alfi Rahmawati dkk (2019). Hubungan Persepsi, Belajar, dan Motivasi dengan Perilaku Caring Mahasiswa Profesi Ners (Corelation Perception, Learning, and Motivation with Clinical Nursing Students Caring Behaviour). Fundamental And Management Nursing Journal, Vol. 2, No. 2, October.
Suryani, Lely. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E- Learning Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, Juli 2020. Vol.6, No.2, pp. 275-283.
Wahyudi Putu Hendra Putra dan Maria Mediatrix Ratna Sari. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Fasilitas Belajar dan Kompetensi Dosen Terhadap Persepsi Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. E-JA e-Jurnal Akuntansi, Vol. 29 No. 3 Denpasar, Desember, Hal. 1083-1093.
Permatasari, Tissa Octavira. (2016). Faktor Kognitif dan Non-Kognitif pada Seleksi Mahasiswa Baru Sebagai Prediktor terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 1, Juni (80-89).
Darmayana, I Wayan & Lenny Alvera Shinta. (2019). Korelasi Antara Keterlibatan Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di Smk Negeri 1 Kota Bengkulu. Triadik, Volume 18, No.1, April, p. 66-74.
Amir, Sriargianti. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa D3 Keperawatan Akper Kaltara Tarakan Semester V Tahun 2018. 10.12345/jikp.v8i02.139.