Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kredibilitas Selebriti Endorser Keanu Angelo dan Daya Tarik Humor terhadap Sikap Merek Pantene pada iklan pantene “Miracles Hair Supplement” di Youtube. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling, yang dilakukan pada responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial variabel Kredibilitas Selebriti Endorser (X1) dan Daya Tarik Humor (X2) berpegaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Merek Pantene (Y), dengan variabel bebas yang memiliki pengaruh terbesar yaitu variabel Daya Tarik Humor (X2) dengan nilai β = 0,673. Selanjutnya terdapat pengaruh positif secara simultan  Kredibilitas Selebriti Endorser (X1) dan Daya Tarik Humor (X2) terhadap Sikap Merek Pantene (Y) dengan menunjukan besaran pengaruh sebesar 72.8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Keywords

Kredibilitas selebriti endorser, daya tarik humor, sikap merek

Article Details

How to Cite
Rahmah, P. Q. ., Fihartini, Y. ., & Nabila, N. I. . (2024). Pengaruh Kredibilitas Selebriti Endorser Keanu Angelo dan Daya Tarik Humor Terhadap Sikap Merek Pantene (Studi Pada Penonton Iklan Pantene Miracles Hair Supplement Di Youtube) . Economics and Digital Business Review, 5(2), 679–693. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1468

References

  1. A.ri.kunto, S. (2010). Prosedur Peneli.ti.a.n Sua.tu Pendeka.ta.n Pra.kti.k. Ja.ka.rta.: Ri.neka. Ci.pta..
  2. A.ri.sa.ndi., Ri.ska.; da.n Nga.tno. (2017). Penga.ruh Kua.li.ta.s Pela.ya.na.n Da.n Ha.rga. Terha.da.p Loya.li.ta.s Pela.ngga.n Mela.lui. Kepua.sa.n Pela.ngga.n Toko Buku Toga. Ma.s Sema.ra.ng. Jurna.l A.dmi.ni.stra.si. Bi.sni.s Depa.rtemen A.dmi.ni.stra.si. Bi.sni.s Uni.versi.ta.s Di.ponegoro.
  3. A.ri.tona.ng, W. & Ha.sa.na.h, R. (2022). Penga.ruh Kredi.bi.li.ta.s Endorser Terha.da.p Si.ka.p Kha.la.ya.k Pa.da. Merk Hea.d & Shoulders. Jurna.l Komuni.ka.si. Uni.versi.ta.s Ga.rut: Ha.si.l Pemi.ki.ra.n da.n Peneli.ti.a.n Vol. 8 (1). 735-750
  4. A.ssa.el, H. (2001). Consumer Beha.vi.or Edi.si. Keena.m. New York: Thomson Lea.rni.ng.
  5. Belch, G. E., & Belch, M. A.. (2004). A.dverti.si.ng a.nd Promoti.on. Si.xth edi.ti.on.
  6. New York: Mc Gra.w Hi.ll.
  7. Ca.nga.ra., H. (2016). Penga.nta.r I.lmu Komuni.ka.si.. Edi.si. Kedua.. Ja.ka.rta.: Ra.ja.wa.li. Pers.
  8. Effendy, O. U. (2007). I.lmu Komuni.ka.si. Teori. da.n Pra.ktek . Ba.ndung: PT Rema.ja. Rosda.ka.rya..
  9. Febri.a.n, A.ngga. a.nd Fa.dly, Muhta.d. (2021). Bra.nd Trust A.s Celebri.ty Endorser Ma.rketi.ng Modera.tor’s Role. Jurna.l A.pli.ka.si. Ma.na.jemen, Volume 19, Number 1, Pa.ges 207–216. Ma.la.ng: Uni.versi.ta.s Bra.wi.ja.ya.. http://dx.doi..org/10.21776/ub.ja.m. 2021.019.01.19
  10. Fi.rma.nsya.h, M. A.. (2020). Komuni.ka.si. Pema.sa.ra.n. Ja.wa. Ti.mur: CV. Penerbi.t Qi.a.ra.Medi.a..
  11. Ghoza.li., I.. (2011). A.pli.ka.si. A.na.li.si.s Multi.va.ri.a.te denga.n Progra.m SPSS. Sema.ra.ng: Ba.da.n Penerbi.t Uni.versi.ta.s Di.ponegoro.
  12. Ghoza.li., I.. (2013). A.pli.ka.si. Multi.va.ri.a.te denga.n Progra.m I.BM SPSS 21 Upda.te PLS Regresi.. Sema.ra.ng: Ba.da.n Penerbi.t Uni.versi.ta.s Di.ponegoro.
  13. Ghoza.li., I.. & La.ta.n, H. (2015). Pa.rti.a.l Lea.st Squa.res: Konsep, Tekni.k da.n A.pli.ka.si. Mengguna.ka.n Progra.m Sma.rt PLS 3.0. Sema.ra.ng: Ba.da.n Penerbi.t Uni.versi.ta.s Di.ponegoro.
  14. Ha.di., S. (2006). A.na.li.si.s Regresi.. Yogya.ka.rta.: A.ndi. Offset.
  15. Heruwa.ti., Eni.. (2010). A.na.li.si.s Penga.ruh Da.ya. Ta.ri.k Kredi.bi.li.ta.s da.n Kea.hli.a.n
  16. Selebri.ty Endorser terha.da.p Bra.nd A.wa.reness da.n Keputusa.n Pembeli.a.n. Tesi.s, Uni.versi.ta.s Di.ponegoro Sema.ra.ng.
  17. Ji.n, Hyun Seung. (2003). Compoundi.ng Consumer I.nterest: Effects of A.dverti.si.ng Ca.mpa.i.gn Publi.ci.ty on the A.bi.li.ty to Reca.ll Subsequent A.dverti.sements, Journa.l of A.dverti.si.ng, 32, (4)
  18. Juna.edi., F. (2013). Komuni.ka.si. Ma.ssa. Penga.nta.r Teori.ti.s. Yogya.ka.rta.: Sa.ntusta.. Kotler, P. (2005). Ma.na.jemen Pema.sa.ra.n. Ji.li.d 1 da.n 2. Ja.ka.rta.: PT I.ndeks.
  19. Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Ma.na.jemen Pema.sa.ra.n. Edi.si. 12 Ji.li.d 1 Terjema.ha.n (Mola.n Benya.mi.n). Ja.ka.rta.: I.ndeks.
  20. Kotler, P (2008) , Ma.na.jemen Pema.sa.ra.n. Edi.si. 12 Ji.li.d 1. Ja.ka.rta.: PT. I.ndex
  21. Li.mbu, Y. B., Huhma.nn, B. A.., & Peterson, R. T. (2012). A.n exa.mi.na.ti.on of
  22. humor a.nd endorser effects on consumers’ responses to di.rect‐to‐consumer a.dverti.si.ng. I.nterna.ti.ona.l Journa.l of Pha.rma.ceuti.ca.l a.nd Hea.lthca.re Ma.rketi.ng, 6(1), 23–38. doi.:10.1108/17506121211216888
  23. Ma.cKenzi.e, S. B., & Lutz, R. J. (1989). A.n empi.ri.ca.l exa.mi.na.ti.on of the structura.l a.ntecedents of a.tti.tude towa.rd the a.d i.n a.n a.dverti.si.ng pretesti.ng context. The Journa.l of Ma.rketi.ng, 48-65.
  24. Na.resh, K. Ma.holtra.. (2008). Ba.si.c Ma.rketi.ng Resea.rch 3th Edi.ti.on. New Jersey: Prenti.ce Ha.ll.
  25. Pa.ndja.i.ta.n, D. R. H., & A.ri.pi.n, A.. (2017). Metode Peneli.ti.a.n untuk Bi.sni.s. Ba.nda.r La.mpung: A.ura. Publi.shi.ng.
  26. Pha.i.k Ni.e Chi.n, I.sa., Sa.lmi. Mohd, & A.lodi.n, Ya.smi.n. (2020). The i.mpa.ct of endorser a.nd bra.nd credi.bi.li.ty on consumers’ purcha.se i.ntenti.on: the medi.a.ti.ng effect of a.tti.tude towa.rds bra.nd a.nd bra.nd credi.bi.li.ty. Journa.l of Ma.rketi.ng Communi.ca.ti.ons, 26(8), 896– 912.
  27. Putri., Vera.nti.ka. A.yuni.ng. (2017). Penga.ruh I.kla.n Televi.si., I.kla.n Onli.ne da.n I.kla.n Ceta.k Terha.da.p Kesa.da.ra.n Merek (Studi. Ka.sus Pa.da. Pengunjung Mi.ni.ma.rket A.lfa.ma.rt di. Ka.di.pi.ro, Sura.ka.rta..
  28. Sa.ma.di., Moha.mma.d Yuswa.ndi. (2016).Penga.ruh Kredi.bi.li.ta.s Celebri.ty Endorser Terha.da.p Purcha.se I.ntenti.on (Studi. Ka.sus Va.lenti.no Rossi. Seba.ga.i. Celebri.ty Endorser Produk Ya.ma.ha. Mi.o GT Pa.da. Ma.ha.si.swa. Uni.versi.ta.s Bra.wi.ja.ya. Ma.la.ng)
  29. Sa.fi.na., Wa.n Di.a.n. (2019). Penga.ruh Kredi.bi.li.ta.s Celebri.ti.es Endors Da.n Da.ya. Ta.ri.k I.kla.n Terha.da.p Bra.nd A.tti.tude Sha.mpoo Pa.ntene Di. Pla.za. Meda.n Fa.i.r Meda.n. Jurna.l Economi.x Vol. 7 (1).
  30. Sa.ntoso, S. (2012). A.na.li.si.s SPSS pa.da. sta.ti.sti.k pa.ra.metri.k. Ja.ka.rta.: PT. Elex Medi.a. Komputi.ndo
  31. Sha.pi.ro,Stewa.rt. H. Sha.nker Kri.shna.n. (2001). Memory Ba.sed Mea.sures for A.ssessi.ng A.dverti.si.ng Effect: A. Compa.ri.son of Expli.ci.t a.nd I.mpli.ci.t Memosy effect. Journa.l of A.dverti.si.ng Vol.XXX Number 3. Fa.ll 2001
  32. Si.ddhu, Va.i.sha.li., (2021), ―The Role of Humor A.ppea.l i.n A.dverti.si.ng‖, I.nt. J. of Tra.de a.nd Commerce-I.I.A.RTC, Vol. 10, No. 1, pp: 107-117. DOI.: 10.46333/i.jtc/10/1/11
  33. Si.rega.r, Syofi.a.n. (2013). Metode Peneli.ti.a.n Kua.nti.ta.ti.f di.lengka.pi. denga.n perba.ndi.nga.n perhi.tunga.n ma.nua.l & SPSS. Ja.ka.rta.: Kenca.na. Prena.da. Medi.a. Group
  34. Speck, P. S. (1991). The humorous messa.ge ta.xonomy a. fra.mework for the Study of humorous a.ds. Current I.ssues a.nd Resea.rch i.n A.dverti.si.ng, 13(1- 2), 1– 44. doi.:10.1080/01633392.1991.10504957
  35. Sugi.yono. (2010). Metode Peneli.ti.a.n Pendi.di.ka.n Pendeka.ta.n Kua.nti.ta.ti.f, kua.li.ta.ti.f, da.n R&D. Ba.ndung: A.lfa.beta.
  36. Sugi.yono (2015). Metode Peneli.ti.a.n Kombi.na.si. (Mi.x Methods). Ba.ndung: A.lfa.beta.
  37. Sugi.yono. (2013). Metode Peneli.ti.a.n Pendi.di.ka.n Pendeka.ta.n Kua.nti.ta.ti.f, Kua.li.ta.ti.f, da.n R&D. Ba.ndung: A.lfa.beta..
  38. Suti.sna.. (2001). Peri.la.ku Konsumen da.n Komuni.ka.si. Pema.sa.ra.n. Ba.ndung: PT Rema.ja. Rosda.ka.rya..
  39. The Empowerment Pa.rtnershi.p. (2018). Retri.eved from NLP: www.NLP.com
  40. Ti.ll, D Bri.a.n, Da.ni.el.W Ba.a.ck, (2005). Reca.ll a.nd Persua.si.on, Does Crea.ti.ve A.a.dverti.si.ng Ma.tter?. Journa.l of A.dverti.si.ng, Vol.34 No.3. Fa.ll 2005.
  41. Wei.nbrger. M.G. a.nd Gula.s. C. S. (1992). The I.mpa.ct of Humor i.n A.dverti.si.ng A. Revi.ew. Journa.l of A.dverti.si.ng. Vol. XXI.., No.4. Desember.