Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Peserta Golongan Bukan Penerima Upah (BPU) pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kepesertaan Peserta Bukan Penerima Upah (BPU) pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota dan strategi pemasaran yang diprioritaskan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota. Metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian lapangan dimana teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian kualitatif, serta peneliti menggunakan observasi dan wawancara guna untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Strategi pemasaran yang dikembangkan oleh Fandy Tjiptono, yang menjadi focus utama dalam pemasaran adalah Bauran Pemasaran. Produk, harga, tempat dan promosi yang digunakan dalam bauran pemasaran atau sering disebut dengan “4P” guna menumbuhkan jumlah peserta golongan Bukan Penerima Upah (BPU) pada Badan penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Baskoro Fajar”Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Bukan Penerima Upah Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Ponorogo” Skripsi, Ponogoro: Institut Agama Islam Negeri Ponogoro, 2021.
- Tjiptono Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset, 2015
- Gurusinga Joy, Wawancara, 21 April 2022
- Kahfi Harry, Wawancara, 21 April 2022
- Website https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/bukan-penerima-upah.html. Diakses 25 Mei 2022
- Website https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/program-jaminan-kecelakaan-kerja.html. Diakses pada 30 Mei 2022
- Website https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/program-jaminan-kematian.html. Diakses pada 30 Mei 2022
- Website https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/program-jaminan-hari-tua.html. Diakses pada 31 Mei 2022
- Yolanda Elsa Manalu”Analisis Stategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan BPJS Keetenagakerjaan Kantor Cabang Medan Kota” Tugas Akhir, Medan: Politeknik Negeri Medan, 2020
References
Baskoro Fajar”Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Bukan Penerima Upah Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Ponorogo” Skripsi, Ponogoro: Institut Agama Islam Negeri Ponogoro, 2021.
Tjiptono Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset, 2015
Gurusinga Joy, Wawancara, 21 April 2022
Kahfi Harry, Wawancara, 21 April 2022
Website https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/bukan-penerima-upah.html. Diakses 25 Mei 2022
Website https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/program-jaminan-kecelakaan-kerja.html. Diakses pada 30 Mei 2022
Website https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/program-jaminan-kematian.html. Diakses pada 30 Mei 2022
Website https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/program-jaminan-hari-tua.html. Diakses pada 31 Mei 2022
Yolanda Elsa Manalu”Analisis Stategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan BPJS Keetenagakerjaan Kantor Cabang Medan Kota” Tugas Akhir, Medan: Politeknik Negeri Medan, 2020