Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan penjualan motor merk Yamaha pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor di Makassar dam untuk mengetahui variabel bauran pemasaran manakah berpengaruh dominan terhadap volume penjualan motor merk Yamaha pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor di Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruh konsumen PT. Suracojaya Abadi Motor, Kota Makassar, yang rata-rata mencapai 100-150 orang setiap bulan. Untuk menemukan ukuran sampel, digunakan metode teknik Simple Random Sampling atau sampel acak sederhana yaitu sampel diambil secara acak dari semua populasi, dimana semua anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Pemilihan sampel penelitian menggunakan rumus Slovin. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan data yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode untuk mengumpulkan data yaitu observasi, kuisioner, dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), distribusi (X3), dan promosi (X4) memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap volume penjualan (Y) penjualan motor merk Yamaha pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor di Makassar.

Keywords

Bauran Pemasaran, Volume Penjualan, Harga, Produksi

Article Details

How to Cite
Dewi, R. ., & Amrah , W. . (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Economics and Digital Business Review, 1(2), 138–156. https://doi.org/10.37531/ecotal.v1i2.182

References

  1. Ali, M. T. R., & Khuzaini, K. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1114/1132
  2. Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
  3. Asral, A., & Djumarno, D. (n.d.). Pengaruh Produk, harga, lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Greenhill Residences Jati Asih Bekasi. Swot, 7(1), 279563. https://caritulisan.com/media/279563-pengaruh-produkhargalokasi-dan-promosi-t-ea6e942f.pdf
  4. Daironi, I. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Perumahaman Di Wilayah Gentan Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/49486
  5. Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.981
  6. Ghofur, A., Badriyah, N., Zahro, E. K., & Kusumaningrum, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga Barang, Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pupuk Organik Non Subsidi Pada CV Gunung Mas Gresik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 927–936. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.12021
  7. Gunanto, E., & Gusti, Y. K. (2014). Pengaruh lintas budaya pada pemasaran internasional dengan pendekatan perilaku konsumen. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 1(2), 168–176. http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrm/article/view/113
  8. Hartanto, A. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan lingkungan fisik terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi di De Mandailing Café Surabaya. Agora, 7(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8128
  9. Indrasari, Y. (2020). Efesiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Rakyat Di Desa Gending Waluh Kecamatansempol (Ijen) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44–50. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.44-50
  10. Jainuddin, J., & Ernawati, S. (2020). Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Sosis BE MART Cabang Bima. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 13–17. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6917
  11. Mahulae, D. Y. D. (2020). Analisis Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 2(1). https://doi.org/10.1234567/jma.v2i1.43
  12. Memah, D., Tumbel, A., & Van Rate, P. (2015). Analisis strategi promosi, harga, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian rumah di citraland manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1). https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.8285
  13. MUHAMAD RIZKI ALFARISI, M. R. A. (2020). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN GRIYA DIVA RESIDENCE BALIKPAPAN. Universitas Balikpapan. http://repository.uniba-bpn.ac.id/id/eprint/1426
  14. Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90–108. dx.doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006
  15. Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1343
  16. Purnama, H. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Bengkel pada CV Mitra Denso di Bandar Lampung. https://osf.io/preprints/inarxiv/cknrp/
  17. Ramenusa, O. (2016). Analisis Lingkungan Pemasaran Potensi Wisata Bahari Di Selat Lembeh Kota Bitung. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/13521
  18. Setiawan, A., Arifin, R., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Saluran Distribusi, Brand Image, Brand Trust, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak Lestari Eco Desa Sembung Tulungagung. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(16). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/8343
  19. Sherly, S., Halim, F., Butarbutar, M., Arfandi, S. N., Sisca, S., Purba, B., Ferinia, R., Dewi, I. K., Hasyim, H., & Sudarso, A. (2020). Pemasaran Internasional. Yayasan Kita Menulis.
  20. Supriyono, K., & Leonardo Budi Hasiolan, M. (2015). Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah pada perumahan bukit semarang baru (bsb) city di semarang. Journal Of Management, 1(1). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/263
  21. Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran. http://repo.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13061&keywords=
  22. Tresnanda, D. A., & Arifin, Z. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Survei pada Konsumen Perumahan BluKid Residence Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1). https://caritulisan.com/media/79221-ID-pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-keput.pdf