Main Article Content
Abstract
PT XYZ mengalami keterlambatan pencapaian target produksi Fullset dengan kapasitas daya tampung 11 liter yang menyebabkan waktu proses produksi melebihi waktu standar yang telah ditetapkan perusahaan. Hal tersebut terjadi dari beberapa faktor, yaitu method, man, dan environment. Waktu proses yang melebihi waktu standar disebabkan dari proses perakitan. Sehingga dilakukan perancangan perbaikan Standard operating procedure (SOP) proses perakitan pada produksi Sharp box container (Fullset) di PT XYZ menggunakan metode Business process improvement (BPI) dengan teknik improvement technique wheels untuk menyederhanakan proses dengan mengklasifikasikan setiap aktivitas yang memberikan nilai tambah bagi produk agar lebih efisien, efektif, adaptif dan sesuai dengan pedoman CPAKB. Total aktivitas pada proses perakitan eksisting sebanyak 11 aktivitas, dengan 5 aktivitas RVA, 5 aktivitas BVA, dan 1 aktivitas NVA dengan tingkat efisiensi pada waktu proses sebesar 51,26%. Setelah dilakukan penyederhanaan proses, total aktivitas pada proses perakitan sebanyak 7 aktivitas, dengan 4 aktivitas RVA dan 3 aktivitas BVA dengan tingkat efisiensi pada waktu proses perakitan naik mencapai 75,53%. Sehingga terjadi penyederhanaan 4 aktivitas dengan efisiensi waktu proses perakitan meningkat sebesar 24,27%. Hal tersebut menjelaskan bahwa semakin sedikit aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah bagi produk maka semakin tinggi tingkat efisiensi waktu proses dan semakin cepat dalam mencapai target produksi Fullset.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Champy, M. H. (1993). Reengineering the Corporation : A Manifesto for Business Revolution. Harper Business.
- Harrington, H. J. (1991). Business Process Improvement : The Breakthrough Strategy For Total Quality, Productivity, and Competitiveness. New York: McGraw-Hill, Inc.
- Iskandar, A. (2017). Practical Problem Solving: Step by Step for Solving Problems. Elex Media Komputindo.
- Juran, J. M. (1999). The Quality Control Process. America: The McGraw-Hill Companies.
- Nur, N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor: Penerebit Ghalia Indonesia.
- Page, S. (2010). The Power of Business Process Improvement : 10 Simple Steps to Increase Effectiveness, Efficiency, and Adaptability. United States of America: American Management Association.
References
Champy, M. H. (1993). Reengineering the Corporation : A Manifesto for Business Revolution. Harper Business.
Harrington, H. J. (1991). Business Process Improvement : The Breakthrough Strategy For Total Quality, Productivity, and Competitiveness. New York: McGraw-Hill, Inc.
Iskandar, A. (2017). Practical Problem Solving: Step by Step for Solving Problems. Elex Media Komputindo.
Juran, J. M. (1999). The Quality Control Process. America: The McGraw-Hill Companies.
Nur, N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor: Penerebit Ghalia Indonesia.
Page, S. (2010). The Power of Business Process Improvement : 10 Simple Steps to Increase Effectiveness, Efficiency, and Adaptability. United States of America: American Management Association.