Main Article Content
Abstract
Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan gagasan, perencanaan, dan eksekusi, sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Strategi merupakan faktor yang paling penting dalam mencapai tujuan perusahaan, keberhasilan suatu usaha tergantung pada kemampuan pemimpin yang busa dalam merumuskan strategi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif kualitatif, dengan cara memberikan uraian-uraian dari setiap jawaban yang dikumpulkan dari responden. Menurut Satori dan Komariah (2014:22) penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan penelitian yang mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah. Dalam menangani juru parkir liar ini terdapat beberapa tahapan yang dilakukan oleh pemerintah daerah khusunya Dinas Perhubungan, sebab penanganan juru parkir liar tidak mudah untuk dilakukan, keberadaan juru parkir liar menjadi masalah yang serius di Kota Watampone sebab kebutuhan akan parkir dan keterbatasan titik parkir yang ada. Disisi lain semakin menjamurnya juru parkir liar disebabkan sarana dan prasarana yang dianggap oleh sebagian masyarakat masih kurang untuk perparkiran, contohnya terbatasnya kantong parkir, tentunya keberadaan juru parkir liar memiliki pro kontra tersendiri , disatu sisi ada masyarakat yang merasa dengan adanya juru parkir liar dan disisi lain ada masyarakat yang merasa sangat dirugikan dengan adanya juru parkir liar.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Alwi,Syafaruddin. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi
- Convelo G. Cevilla, dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Indonesia.
- Dirgantoro,Crown. 2001. Manajemen Strategik Konsep, Kasus, dan Implementasi.
- Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 1996. Pengertian Parkir.
- Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 1998. Tujuan Pengendalian Parkir.
- eJournal Ilmu Pemerintahan, 2019, 7 (4): 1471-1484
- Hari Purnomo, Setiawan & Zulkiefli Manysah. 2007. Manajemen Strategi.
- Keputusan Menteri Dalam Negeri No.43 Tahun 1980. Pengelolaan Parkir.
- Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada.
- Kusnaedi,Handi.2017. Strategi Dinas Perhubungan dalam Menanggulangi Parkir Liar Di tepi Jalan Umum Kota Medan. Medan
- Nisjar, Karhi & Winardi. 1997. Manajemen Strategi.
- Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2011. Tentang Retribusi Jasa Usaha, Terminal Dan Perparkiran
- Purhantara, Indrianto&Supomo.2010:79.Teknik Pengumpulan Data Primer
- Sari,Rizki Atika. 2017. Strategi Dinas Perhubungan Dalam Menanggulangi Parkir Liar Di tepi Jalan Umum Kota Metro. Metro
- Satori & Komariah. 2014. Metode Penelitian kualitatif.
- Salusu.1996: 101. Tingkatan Strategi
- Salusu.1996. Pengambilan Keputusan Stratejik: Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Grasindo. Jakarta
- Suyawati, Juju. 2006. Tiga Teknik Analisa Data
- Tobing, David M.L. 2007. Parkir dan Perlindungan Hukum Konsumen, PT. Timpaui Agung : Jakarta.
References
Alwi,Syafaruddin. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi
Convelo G. Cevilla, dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Indonesia.
Dirgantoro,Crown. 2001. Manajemen Strategik Konsep, Kasus, dan Implementasi.
Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 1996. Pengertian Parkir.
Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 1998. Tujuan Pengendalian Parkir.
eJournal Ilmu Pemerintahan, 2019, 7 (4): 1471-1484
Hari Purnomo, Setiawan & Zulkiefli Manysah. 2007. Manajemen Strategi.
Keputusan Menteri Dalam Negeri No.43 Tahun 1980. Pengelolaan Parkir.
Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada.
Kusnaedi,Handi.2017. Strategi Dinas Perhubungan dalam Menanggulangi Parkir Liar Di tepi Jalan Umum Kota Medan. Medan
Nisjar, Karhi & Winardi. 1997. Manajemen Strategi.
Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2011. Tentang Retribusi Jasa Usaha, Terminal Dan Perparkiran
Purhantara, Indrianto&Supomo.2010:79.Teknik Pengumpulan Data Primer
Sari,Rizki Atika. 2017. Strategi Dinas Perhubungan Dalam Menanggulangi Parkir Liar Di tepi Jalan Umum Kota Metro. Metro
Satori & Komariah. 2014. Metode Penelitian kualitatif.
Salusu.1996: 101. Tingkatan Strategi
Salusu.1996. Pengambilan Keputusan Stratejik: Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Grasindo. Jakarta
Suyawati, Juju. 2006. Tiga Teknik Analisa Data
Tobing, David M.L. 2007. Parkir dan Perlindungan Hukum Konsumen, PT. Timpaui Agung : Jakarta.