Main Article Content

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang utama. Variabel yang akan dijelaskan adalah program pendidikan kewirausahaan di Perguruan Tinggi dan minat mahasiswa terhadap dunia wirausaha. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa dan 30 mahasiswi dari prodi Pendidikan Ekonomi yang sudah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat dilihat bahwa sebenarnya keenam faktor tersebut dianggap penting oleh mahasiswa, hanya saja faktor pengusaaan materi dan kesesuaian mater dengan kebutuhan dunia kerja dianggap masih kurang oleh mahasiswa.

Keywords

Kewirausahaan Generasi Muda Jakarta Universitas

Article Details

How to Cite
Satria, B. (2021). Persepsi dan Preferensi Mahasiswa terhadap Kewirausahaan. Economics and Digital Business Review, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.37531/ecotal.v2i1.22

References

  1. Al Idrus, Salim. (2012). Dampak Karakteristik Kepribadian Wirausaha Terhadap Kesuksesan Bisnis. Iqtishoduna, DOI: 10.18860/iq.v0i0.2131.
  2. Anata, Firdaus. (2013). Pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka, Pdrb Perkapita, Jumlah Penduduk dan Index Williamson Terhadap Tingkat Kriminalitas (Studi Pada 31 Provinsi Di Indonesia Tahun 2007 - 2012). Malang: Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Brawijaya.
  3. Apriana H. J. Fanggidae. (2020). Manajemen Kewirausahaan bagi Wirausaha di Kota Kupang. Fanggidae/ JOURNAL OF MANAGEMENT (SME’s) Vol. 11, No.1, 2020, p98-113.
  4. Dhewanto, Wawan. (2013). Kewirausahaan Berbasis Teknologi Guna Meningkatkan Daya Saing. ITB: Sidang Terbuka Peresmian Mahasiswa Baru 2013/ 2014).
  5. Dhikrul Hakim. (2012). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Vol 1, No 2 (2012): Seminas Competitive Advantage II.
  6. Fauzan. (2019). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Locus Of Control Internal Terhadap Motivasi Berwirausaha Bagi Lulusan Prodi Manajemen Unihaz Bengkulu. Creative Research Management Journal, Vol 2 No. 1.
  7. Hasdar, Muhamad., Fera, Melly., & Syaifulloh, Muhammad. (2019) Pemberdayaan Kelompok Bisnis Mahasiswa Berbasis IPTEK Melalui Program Agrofood Technopreneur. Jurnal SOLMA, http://dx.doi.org/10.29405/solma.v8i1.3206.
  8. Hendrajayai (2018). Pengaruh Persepsi Kelayakan dan Persepsi Keinginan terhadap Minat Eksplorasi Pengetahuan Kewirausahaan Melalui Internet dan Minat Berwirausaha. Jurnal Visi Manajemen Vol 3 No 2, 336-334.
  9. Ika Nur Pratiwi, Setho Hadisuyatmana, Sylvia Dwi Wahyuni & Tri Siwi Agustina. Pengembangan Kewirausahaan Tekno Produk Suvenir Kesehatan di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.
  10. Irwansyah, M. Rudi., & Tripalupi, Lulup Endah (2018). Menguji Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha di Kalangan Mahasiswa. International Journal of Social Science and Business, Volume 2, Number 4, Tahun 2018, pp. 251-255.
  11. Kartadinata, Sunaryo. (2009). Membangun Keutuhan Bangsa Melalui Pendidikan dalam Bingkai Utuh Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
  12. Pratiwi, Ika Nur. (2019). Pengembangan Kewirausahaan Tekno Produk Suvenir Kesehatan Di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Among : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 01 No. 01, Januari 2019, 38-45.
  13. Rasdiana, A. (2018). Kewirausahaan, Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.
  14. Rustyawati, Dian. (2018). Peranan Perguruan Tinggi dalam Peningkatan Kepedulian Sosial Mahasiswa Melalui Pelatihan Kewirausahaan Sosial, Tadris, Volume 14/No 2.
  15. Slamet, PH. (2011). Peran Pendidikan Vokasi dalam Pembangunan Ekonomi, Cakrawala Pendidikan, Juni 2011, Th. XXX, No. 2.
  16. Soewardi, Biemo W dan Wirahadikusumah, Reini D (2012). Kebutuhan dan Tantangan Pendidikan Insfrastruktur, Seminar Nasional Pembangunan Infrastruktur Untuk Semua, Kerjasama Tiga Universitas, UI-UGM-ITB.
  17. Sugiharti Sugiharti. (2018) Meningkatkan Perilaku Entrepeneurship Karyawan Melalui Kepercayaan Terhadap Pimpinan dan Struktur Organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT) Volume 9 Nomor 1, Mei. Sulaeman, Maman. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar). JIABI – Vol. 2 No. 1 Tahun 2018.
  18. Susetyo, Heru dan Amanda,Putri Kusuma. (2011). Dampak Kependudukan Terhadap Kriminalitas dan Keamanan Individu, Ditdamduk BKKBN 2011.
  19. Untari, Dhian Tyas. (2014). ECOPRENEURSHIP: Concept of Responsible Entrepreneurship. Malang: Prosiding 11th International Annual Symposium on Management.