Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan etika bisnis melalui perspektif pembeli marketplace Indonesia terhadap kepuasan pelanggan dalam berbelanja di marketplace. Etika bisnis dalam penelitian ini diukur melalui tiga variabel, yaitu kejujuran (X1), keadilan (X2) dan kepercayaan (X3). Variabel dependen nya adalah kepuasan pelanggan. Populasi dalam peneltian ini yaitu masayarakat Kabupaten Labuhanbatu yang sudah pernah berbelanja online di marketplace Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan : 1) Variabel kejujuran (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). 2) Variabel Keadilan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). 3) Variabel Kepercayaan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).

Article Details

How to Cite
Sirait, E., Pristiyono, & Arjuna, S. (2025). Analisis Etika Bisnis Melalui Perspektif Pembeli Marketplace Indonesia. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1148–1162. Retrieved from https://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2437

References

  1. Akbar, M., Syahril, F., Hasan, H., & Hasan, N. (2024). Dampak Kebocoran Data Bjorka pada Kepatuhan Wajib Pajak : Perspektif Akuntansi Keperilakuan. Jurnal Litigasi Amsri, September, 109–115.
  2. Albtoosh, Q. A. A., & Ngah, A. H. (2022). Testing the Expectation Confirmation Theory on the Training Satisfaction Context: The Mediation Role of Mind Wandering. International Journal of Public Administration, 47(1), 26–40. https://doi.org/10.1080/01900692.2022.2081338
  3. Alfira, R., Umboh, S. S., Syachrez, D. D., Nugroho, E. B., Arletta, C., Purnama, M. A., & Herdiansyah, M. R. (2023). Perlindungan Hukum terhadap Konsumen yang Dirugikan dalam Kegiatan Transaksi Online di Situs Belanja Shopee. Deposisi: Jurnal Publikasi Ilmu Hukum, 1(2), 234–248.
  4. Alzalook, M. H., Lubis, D. A., & Mansor, D. F. binti. (2025). Evaluating the Effect of Marketing Ethics on Customer Satisfaction: A Descriptive Analytical Approach. Journal of Information Systems Engineering and Management, 10(5), 172–184. https://doi.org/10.52783/jisem.v10i5s.601
  5. Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, April, 1–10.
  6. Aviatri, P., & Nilasari, A. P. (2021). Analisis Penerapan Etika Bisnis terhadap Kelangsungan Usaha Perusahaan Dagang. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 6(02), 194–205. https://doi.org/10.35706/acc.v6i02.5621
  7. Candra, S., Tulangow, C. E., & Winalda, F. T. (2022). A Preliminary Study of Consumer Behavior From the Online Marketplace in Indonesia. International Journal of Asian Business and Information Management, 13(1), 1–17. https://doi.org/10.4018/IJABIM.297846
  8. Celestin, M., Sujatha, S., & Kumar, A. D. (2024). ANALYZING THE ROLE OF ETHICAL BUSINESS PRACTICES IN BUILDING CONSUMER TRUST AND LONG-TERM BRAND LOYALTY : LEVERAGING ANALYZING THE ROLE OF ETHICAL BUSINESS PRACTICES IN BUILDING CONSUMER TRUST AND LONG-TERM BRAND LOYALTY : LEVERAGING CORPORATE ETHICS AS A. October. https://doi.org/10.5281/zenodo.14010882
  9. Davlembayeva, D., & Alamanos, E. (2023). Equity Theory. In Papagiannidis (Ed).
  10. Faisal, A. A., & Rohimatin, E. H. (n.d.). PRINSIP-PRINSIP ETIKA DALAM BISNIS DIGITAL INDONESIA. 3, 103–110.
  11. Fathonah, S. M., & Mukhlis, I. (2023). Batasan Perilaku Bisnis pada E-commerce. Business and Investment Review, 1(6), 57–62. https://doi.org/10.61292/birev.v1i6.66
  12. Gbamara, L., Nassè, T. B., & Akparep, J. Y. (2024). Examining the Relationships between Business Ethics , Customer Satisfaction Advances in Consumer Research Examining the Relationships between Business Ethics , Customer Satisfaction and Purchase Behaviour : Perspectives from WA Township in Ghana. November.
  13. Lee, C. M. (2021). Business to Consumer (B2C) Relationships: Should Local Businesses have to be Honest with their Customers all the time? SSRN Electronic Journal, 1–10. https://doi.org/10.2139/ssrn.4856008
  14. Pahutar, I., Pristiyono, P., & Simanjuntak, D. (2023). Analisis Tingkat Pengetahuan Konsumen dan Label Halal terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(2), 1108–1118. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12285
  15. Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, T. I. (2021). Analisis Data Penelitian Marketing: Perbandingan Hasil Antara Amos, Smartpls, Warppls, Dan Spss Untuk Jumlah Sampel Besar. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS), 2(4), 216–227.
  16. Putra, D. P. Y. A., & Yasa, N. N. K. (2021). Effect of Justice Perceptions on Customer Satisfaction and Loyalty. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 8(4), 159–171.
  17. Rianti, R. (2021). Analisis Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Pada Marketplace Lazada. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v1i1.57
  18. Risdiana Chandra Dhewy. (2022). Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4575–4578. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.3224
  19. Riska Dian Aprilia, Ika Trisnawati Alawiyah, I. D. L. (2024). Analisis Dampak Marketplace Terhadap Pasar Tradisional Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Di Pasar Tradisional Seputih Raman Lampung Tengah). Jurnal Berkala Hukum Sosial Dan Agama, 1, 1–14.
  20. Ruslang, R., Kara, M., & Wahab, A. (2020). Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 665. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1412
  21. Shafa Giyan A’yuni, D. C. (2021). Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi Pengaruh User Interface Aplikasi Shopee Terhadap Minat Beli Masyarakat Effect User Interface Application Shopee To Buying Interest. 5(1), 45–54.
  22. Shahzad, K., Quresh, M., Ahmed, M., Khan, M. H. N., & Jamshed, K. (2023). The Role of Marketing Ethics in Ensuring Clients’ Satisfaction. Journal of Social Sciences Review, 3(2), 871–882. https://doi.org/10.54183/jssr.v3i2.325
  23. Sikki, N., Priadi, D., Kholifah, C. N., & Putri, F. K. (2022). Implementasi Etika Bisnis Pelayanan Konsumen E-Commerce Di Era Globalisasi. Prosiding Konferensi Nasional Sosial Politik (KONASPOL), 1, 501–514.
  24. Subhaktiyasa, P. G. (2024). PLS-SEM for Multivariate Analysis : A Practical Guide to Educational Research using SmartPLS. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 4(3).
  25. Suherman, E., Suroso, S., & Sumarni, N. (2022). Analisis E-Servqual Dan Etika Perilaku Penjual Terhadap E-Satisfaction Shopee. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 6(2), 151–161. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i2.12783
  26. Syahfitri, W., Afrilia, D., Ilmi, N., Sipahutar, R. A. S., & Sidauruk, T. (2024). Pengaruh Munculnya Toko Online Terhadap Penurunan Pendapatan Toko Offline di Pasar Raya MMTC. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(2), 427–431. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i2.2884
  27. Syarawy, I. M. M., & Fahreza, M. R. (2024). Pentingnya teori etika deontologi dalam membangun hubungan dengan pemasok bisnis 1. 42(2), 137–147.
  28. Wahyuni, N., Ade Irman Saeful Mutaqin S., & Akbar Gunawan. (2019). Pengenalan dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 1(6), 31–39.