Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosfer dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada café rantiang. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada cafe Rantiang di jalan Belibis, Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan SPSS versi 23. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden yang diambil dengan teknik convenience sampling. metode non-probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa store atmosfer dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords

Store Atmosfer Lokasi Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Abaharis, H., & Juliardo, R. (2025). Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Rantiang Di Kota Padang. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1289–1298. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2462

References

  1. Abaharis, H., & Yusra, S. S. (2022). Pengaruh Product, Price, Place, Promotion dan Selebgram terhadap Keputusan Berbelanja Online Produk Fashion di Aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Padang). Jurnal Economina, 1(4), 751–767.
  2. Ajib, A. F., Priadi, A., Sufri, M., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ada Produk Pisang Goreng Nugget Cabang Pettarani Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(2), 111-119.
  3. Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion pada Generasi Z. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga, 19(2), 115–120.
  4. As' ad, A., Tiong, P., & Sani, A. (2022). Analisis Implementasi Budaya Organisasi dalam meningkatkan Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja: Study Empirik Beberapa Café di kota Makassar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 51-62.
  5. Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
  6. Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  7. Awaliyah, F., & Wibowo, T. S. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi & Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di Café Senewen Surabaya. Journal of Sustainability Business Research, 2(1), 616–624.
  8. Barry, B., & Evans, J. R. (2017). Retail Management (12th ed.). New Jersey: Pearson Education Limited.
  9. Berman dan Evans, dialihbahasakan oleh Lina Salin. (2014). Pengertian Store Atmosphere Menurut Para Ahli. [Online]. Tersedia di: http://repository.uinsu.ac.id/ (diakses 25 April 2020, 21:18 WIB).
  10. Berman, B., & Evans, J. R. (2010). Retail Management: A Strategic Approach (8th ed.). Upper Saddle River: Prentice Hall.
  11. Dwi Bagus Kurniawan, & Eko Boedhi Santoso. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Café Bukit Delight Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4.
  12. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  13. Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal EMBA, 3(1), 1313–1322.
  14. Kartika, D. M., & Syahputra. (2017). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop di Bandung. Jurnal Ecodemia, 1(2), 162–171.
  15. Kartika, R. P., Aryati, I., & Widayanti, R. (2019). Pengaruh Brand Image, Gaya Hidup, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Café Tiga Tjeret di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.406
  16. Katarika, D. M., & Syahputra. (2017). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Bandung. Jurnal Ecodemica, 1(2).
  17. Kotler, P., & Amstrong. (2017). Pemasaran (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.
  18. Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (15th ed.). New York: Pearson Publishing.
  19. Mahendra, S., Wijaya, M., & Syahriandy, S. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan Lokasi terhadap Keputusan Penelitian Konsumen pada Roemah Bata Café & Resto Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 2(2), 161–166. https://doi.org/10.31289/jimbi.v2i1.458
  20. Mamuya, N. C. (2018). The Effect of Sales Promotion and Store Atmosphere on Hedonic Shopping Motivation and Impulsive Buying Behavior in Hypermart Manado City. Development Research of Management, 13(1), 83–99.
  21. Menurut Para Ahli. (Online). Tersedia di: http://repository.uinsu.ac.id/ (diakses 25 April 2020, 21:18 WIB).
  22. Pradana, D., & Hudayah, S. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Motor. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 14(1), 16–23.
  23. Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompeten (Edisi ke-3). Jakarta: Salemba Empat.
  24. Putra, A. H. P. K., Ridha, A., & As' ad, A. (2018). Celebrity Endorser Pada Jejaring Sosialinstagram Untuk Menarik Minat Pembelian Calon Konsumen. Jurnal Economic Resource, 1(1), 86-89.
  25. Ramdani, M. R., Kamidin, M., & Ajmal, A. A. (2018). Implementasi SAK-ETAP pada UMKM warkop di Kota Makassar. Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan), 3(2), 109-117.
  26. Ruhmahdi, A. R. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Shuttlecock Java. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(3), 1–16.
  27. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (S. Y. Suryandari, Ed.; edisi ke-3). Bandung: Alfabeta.
  28. Sukmawati, S., Asmaliani, I., & As' ad, A. (2024). Peningkatan Produksi dan Perbaikan Pemasaran dari Produk Abon Cakalang Pedas Kedai Shafa di kelurahan Pandang, Panakkukang, Makassar. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(4), 2928-2940.
  29. T. Baiti, R. Tresnati, & M. Malik. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Sate S.O.S di Kota Bandung. Prosiding Manajemen, 1, 213–218. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/19781
  30. Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Strategik (Edisi ke-2). Yogyakarta: Andi.
  31. Wahdiniwaty, E. M., & R. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Café Little Wings di Jl. Cigadung Raya, Bandung. Bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia.
  32. Wibowo, D. E., & Mandusari, B. D. (2021). Pembelian oleh Konsumen Muslim terhadap Produk Makanan di Kota Pekalongan, 73–77.
  33. Widyanto, A. I., & Yulianto, E. (2014). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Distro Planet Surf Mall Olympic Garden Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1).
  34. Yuliandi, B., & Nofiawaty. (2014). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. Palembang.