Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Promosi, Variasi Produk terhadap kepuasan konsumen Studi Kasus Pada Jajan_Kuy di Kota Ajamu. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Jajan_Kuy yang jumlahnya tidak dapat ditentukan. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 98 responden. Metode analisi data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cita rasa, kualitas pelayanan, promosi dan variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan. Terlihat dari hasil uji koefesien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,783. Nilai ini berarti bahwa kepuasan konsumen mampu dijelaskan oleh cita rasa, kualitas pelayanan, promosi dan variasi produk sebesar 78,3%. Sedangkan sisanya sebesar 21,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101.
- Azhari, R. D., & Fachry, M. F. (2020). Pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian batik Karawang di Ramayana Mall, Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 37–44.
- Ginting, F. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoorz Near Mikie Holiday. UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
- Hertina, D., & Dirgasurya, M. H. P. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey pada Bengkel Berguna Motor di Kota Cimahi). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(2), 1473–1481.
- Josee Bloemer, R. dan W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dengan Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 8–33.
- Junita, M., & Suyuthie, H. (2023). Pengaruh Servicescape Dan Variasi Menu Terhadap Keputusan Pembelian Di Aroma Resto And Coffee Padang. Jurnal Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 71–81.
- Kusumaningrum, F. D. (2019). Pengaruh Warna Cangkir Terhadap Persepsi Cita Rasa Minuman Kopi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Universitas Islam Sultan Agung.
- Maimunah, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2).
- Mal, L. H., & Mertayasa, I. G. A. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Di Situs Traveloka. Com Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Humaniora Universitas Dhyana Pura Bali. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 13(1).
- Melda, M., Arini, E., & Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 1(2), 143–149.
- Mustika, M. A. C. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream And Tea di Kota Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 2(2), 35–46.
- Puji Lestari, F. A. (2018). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Sosio E-Kons, 10(2), 179. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2718
- Santoso, S. A. (2019). Pengaruh Variasi Menu, Harga, Jam Kerja, Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Warung Tegal Di Kecamatan Ciputat Timur. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uin Jakarta.
- Sapada, M. I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Magic Cell Oppo Store Parepare. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(1), 10–19.
- Saputra, V. R. J., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater Masyarakat Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 165–173.
- Sutiono, K., & Pradiani, T. (2023). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MELAKUKAN TINDAKAN MEDIS DI ORTHOPEDI CENTRE RS EKA BSD TANGERANG. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 48–61.
References
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101.
Azhari, R. D., & Fachry, M. F. (2020). Pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian batik Karawang di Ramayana Mall, Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 37–44.
Ginting, F. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoorz Near Mikie Holiday. UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
Hertina, D., & Dirgasurya, M. H. P. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey pada Bengkel Berguna Motor di Kota Cimahi). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(2), 1473–1481.
Josee Bloemer, R. dan W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dengan Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 8–33.
Junita, M., & Suyuthie, H. (2023). Pengaruh Servicescape Dan Variasi Menu Terhadap Keputusan Pembelian Di Aroma Resto And Coffee Padang. Jurnal Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 71–81.
Kusumaningrum, F. D. (2019). Pengaruh Warna Cangkir Terhadap Persepsi Cita Rasa Minuman Kopi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Universitas Islam Sultan Agung.
Maimunah, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2).
Mal, L. H., & Mertayasa, I. G. A. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Di Situs Traveloka. Com Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Humaniora Universitas Dhyana Pura Bali. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 13(1).
Melda, M., Arini, E., & Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 1(2), 143–149.
Mustika, M. A. C. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream And Tea di Kota Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 2(2), 35–46.
Puji Lestari, F. A. (2018). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Sosio E-Kons, 10(2), 179. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2718
Santoso, S. A. (2019). Pengaruh Variasi Menu, Harga, Jam Kerja, Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Warung Tegal Di Kecamatan Ciputat Timur. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uin Jakarta.
Sapada, M. I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Magic Cell Oppo Store Parepare. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(1), 10–19.
Saputra, V. R. J., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater Masyarakat Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 165–173.
Sutiono, K., & Pradiani, T. (2023). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MELAKUKAN TINDAKAN MEDIS DI ORTHOPEDI CENTRE RS EKA BSD TANGERANG. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 48–61.