Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth (WOM) dan daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Richeese Factory Rantau Prapat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada sejumlah responden yang merupakan konsumen Richeese Factory di Rantau Prapat. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, serta uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu 0,000 < 0,05, begitu pula dengan daya tarik iklan yang juga memberikan pengaruh signifikan yaitu 0,003 <0,05. Secara simultan, kedua variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 57,3%. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang menggabungkan kekuatan komunikasi antar konsumen dan iklan yang menarik dapat meningkatkan minat beli masyarakat terhadap produk.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Ajib, A. F., Priadi, A., Sufri, M., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ada Produk Pisang Goreng Nugget Cabang Pettarani Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(2), 111-119.
- As’ad, A., Junaidin, J., Syarifuddin, S., Herison, R., & Syukur, A. (2024). The Impact of Cross-Cultural Management on Global Collaboration and Performance. Bata Ilyas Educational Management Review, 4(2), 30-42.
- Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
- Adi, N. R. M., Ramadhan, M. R. I., Aristawati, T., & Pratama, S. A. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di ShopeeFood. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(2). https://doi.org/10.28926/briliant.v7i2.1001
- Fernaldo, F., & Oktavianti, R. (2020). Pengaruh Daya Tarik Iklan E-commerce terhadap Brand Trust Konsumen (Survei terhadap Penonton Iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu di Youtube). Prologia, 4(2). https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6515
- Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02). https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436
- Julianti, D. A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Baso Aci Akang Citra Raya Tangerang. Prologia, 4(1). https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6437
- Kimilawati, A. eka, Triastity, R., & Sumaryanto, S. (2022). pengaruh word of mouth, kualitas makanan dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen angkringan disiniaja karanganyar. jurnal ekonomi dan kewirausahaan, 22(1). https://doi.org/10.33061/jeku.v22i1.7584
- Muhajir, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Finansia Multi Finance Kredit Plus. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 1-12.
- Murtiningsih, D. (2023). Pengaruh Word of Mouth, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman kopi. JUDICIOUS, 4(1). https://doi.org/10.37010/jdc.v4i1.1215
- Ramdani, M. R., Kamidin, M., & Ajmal, A. A. (2018). Implementasi SAK-ETAP pada UMKM warkop di Kota Makassar. Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan), 3(2), 109-117.
- Rofiah, C. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Dimediasi Oleh Citra Destinasi. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(1). https://doi.org/10.26533/jmd.v3i1.527
- Suheri, A., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2). https://doi.org/10.56338/jks.v5i2.2250
- Suryawijaya, H., & Rusdi, F. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan di Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Terhadap Produk Sepatu Brodo di Kalangan Anak Muda Jakarta Barat). Prologia, 5(1). https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8111
- Ulza, E., Edi Setiawan, & Moh. Arifudin. (2019). Pengaruh Word Of Mouth, Brand ImageDan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1).
- Winalda, I. T., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1573-1582
- Yolandita, C., Nursanta, E., Widiyarsih, W., & Masitoh, S. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Informasi, Kemudahaan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i6.343
References
Ajib, A. F., Priadi, A., Sufri, M., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ada Produk Pisang Goreng Nugget Cabang Pettarani Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(2), 111-119.
As’ad, A., Junaidin, J., Syarifuddin, S., Herison, R., & Syukur, A. (2024). The Impact of Cross-Cultural Management on Global Collaboration and Performance. Bata Ilyas Educational Management Review, 4(2), 30-42.
Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
Adi, N. R. M., Ramadhan, M. R. I., Aristawati, T., & Pratama, S. A. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di ShopeeFood. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(2). https://doi.org/10.28926/briliant.v7i2.1001
Fernaldo, F., & Oktavianti, R. (2020). Pengaruh Daya Tarik Iklan E-commerce terhadap Brand Trust Konsumen (Survei terhadap Penonton Iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu di Youtube). Prologia, 4(2). https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6515
Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02). https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436
Julianti, D. A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Baso Aci Akang Citra Raya Tangerang. Prologia, 4(1). https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6437
Kimilawati, A. eka, Triastity, R., & Sumaryanto, S. (2022). pengaruh word of mouth, kualitas makanan dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen angkringan disiniaja karanganyar. jurnal ekonomi dan kewirausahaan, 22(1). https://doi.org/10.33061/jeku.v22i1.7584
Muhajir, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Finansia Multi Finance Kredit Plus. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 1-12.
Murtiningsih, D. (2023). Pengaruh Word of Mouth, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman kopi. JUDICIOUS, 4(1). https://doi.org/10.37010/jdc.v4i1.1215
Ramdani, M. R., Kamidin, M., & Ajmal, A. A. (2018). Implementasi SAK-ETAP pada UMKM warkop di Kota Makassar. Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan), 3(2), 109-117.
Rofiah, C. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Dimediasi Oleh Citra Destinasi. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(1). https://doi.org/10.26533/jmd.v3i1.527
Suheri, A., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2). https://doi.org/10.56338/jks.v5i2.2250
Suryawijaya, H., & Rusdi, F. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan di Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Terhadap Produk Sepatu Brodo di Kalangan Anak Muda Jakarta Barat). Prologia, 5(1). https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8111
Ulza, E., Edi Setiawan, & Moh. Arifudin. (2019). Pengaruh Word Of Mouth, Brand ImageDan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1).
Winalda, I. T., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1573-1582
Yolandita, C., Nursanta, E., Widiyarsih, W., & Masitoh, S. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Informasi, Kemudahaan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i6.343