Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Fasilitas Wi-Fi dan Digital Marketing terhadap Peningkatan Konsumen di AA Coffee, yang terletak di Desa Kampung Padang, Kabupaten Labuhanbatu. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 konsumen yang berkunjung ke kafe tersebut. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fasilitas Wi-Fi dan Digital Marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap Peningkatan Konsumen, dengan nilai koefisien regresi untuk Fasilitas Wi-Fi sebesar 0.321 dan untuk Digital Marketing sebesar 0.275. Kedua faktor ini secara simultan menjelaskan 62,1% variasi dalam peningkatan jumlah konsumen di AA Coffee. Temuan ini menunjukkan bahwa pengelola AA Coffee perlu meningkatkan kualitas Wi-Fi dan memanfaatkan strategi pemasaran digital untuk menarik lebih banyak konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teori pemasaran digital dan pengelolaan fasilitas usaha kecil dan menengah di sektor kuliner.

Keywords

Fasilitas Wi-Fi Digital Marketing Peningkatan Konsumen Pemasaran Digital

Article Details

How to Cite
Alfiansyah, W., Ritonga, N., & Sipayung, I. M. (2025). Pengaruh Ketersediaan Wifi Dan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Konsumen AA Coffee Desa Kampung Padang Kabupaten Labuhanbatu. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1338–1348. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2472

References

  1. Dong, L., Hua, Z., Huang, L., Ji, T., Jiang, F., Tan, G., & Zhang, J. (2024). The Impacts Of Live Chat On Service–Product Purchase: Evidence From A Large Online Outsourcing Platform. Information & Management, 61(3), 103931.
  2. Elim, Y. V., Nugraha, M., Umar, Z., & Modena, A. R. (2024). Dampak Dampak Digital Marketing Terhadap Kinerja Umkm Di Kota Kupang Pada Masa Pandemi Covid-19. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 97-110.
  3. Khasannudin, M. D. R., & Mahendra, P. T. (2025). Analisis Pengaruh Fasilitas Dan Harga Terhadap Minat Beli. Jibema: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(4), 251-264.
  4. Kristanto, V. D., & Wahyuni, D. U. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di The Win Hotel Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 8(5).
  5. Mushoffa, A. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Lawang Coffee. Jurnal Economina, 2(8), 1979-1987.
  6. Mustofa, A. R. M. A. R., Fikri, M. K. F. M. K., & Abadi, M. T. A. M. T. (2022). Pengaruh Fasilitas Free Wi-Fi Terhadap Keputusan Pembelian Di Angkringan Daeng. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 107-112.
  7. Nofitasari, A. S., & Triastity, R. (2016). Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Nggone Koncoku Coffe House Di Surakarta (Survei Pada Pelanggan Nggone Koncoku Coffe House Di Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(2).
  8. Prasetyo, B., Hidayat, W., & Ngatno, N. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Taman Kyai Langgeng Kota Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 134-141.
  9. Putra, A. P., & Pangaribuan, C. H. (2025). Purchase Intention In Online Travel Agents Influenced By Service Quality, Online Reviews, And Perceived Ease Of Use Mediated By Brand Trust. Journal Of Social Science, 4(2), 159-165.
  10. Putri, A. L. E. S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Wifi Indihome Di Surabaya (Doctoral Dissertation, Stie Perbanas Surabaya).
  11. Putri, S. T. O., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffe Shop Pada Kedai Kopi Anaqi Di Kabupaten Subang. J-Mas (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 906-911.
  12. Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
  13. Setiyaningsih, S., & Dyahjatmayanti, D. (2023). Pengaruh Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Di Yogyakarta International Airport. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 3(2), 215-222.
  14. Sitanggang, T., Farida, N., & Purbawati, D. (2023). Pengaruh Harga Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Indihome Pt Telkom Indonesia Jepara. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 157-164.
  15. Suprayitno, D. (2024). Analysis Of Customer Purchase Interest In Digital Marketing Content. Journal Of Management, 3(1), 171-175.
  16. Umar, S. H., & Parameswari, F. (2019). 10. Pengaruh Fasilitas Free Wifi Dan Charging Station Terhadap Kepuasan Penumpang Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Jurnal Manajemen Dirgantara, 12(2), 118-126.