Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengembangan UMKM di Kabupaten Soppeng, strategi pemerintah dalam meningkatkan daya saing dan pertumbuhan, serta tantangan utama yang dihadapi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data primer melalui observasi dan wawancara dengan pelaku UMKM dan pejabat pemerintah, serta data sekunder dari studi dokumentasi kebijakan UMKM. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah telah menerapkan strategi peningkatan produksi, SDM, dan pemasaran. Namun, pengembangan UMKM terhambat oleh keterbatasan modal, rendahnya inovasi produk, kurangnya literasi digital, dan persaingan pasar yang ketat.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Anggraeni, C. D. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Melalui Inovasi Produk. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689– 1699.
- Ayorbaba, G. (2021). perencanaan Strategis Dalam pengembangan Potensi pariwisata Kabupaten Yapen. Semnasif, 271–287.
- Birruhaziron, F. (2021). Strategi Perencanaan Pengembangan Produk UMKM Oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Bandung. 83–91. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53513
- Febriyani, A., & Anis, A. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Investasi Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Ketimpangan Distribusi Pendapatan Di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 3(4), 9. https://doi.org/10.24036/jkep.v3i4.12375
- Hamzah, A. (2022). Strategi Pengembangan Umkm Desa Cibingbin Menuju Entrepreneurs Village Berbasis Sumberdaya Alam. Jurnal Pengabdian Dinamika, 9(2), 36. https://doi.org/10.62870/dinamika.v9i2.17860
- Harlianda, D. (2022). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan Ukm Kab. Aceh Singkil. SOSEK: Jurnal Sosial Dan Ekonomi, 3(3), 110–120.
- Harpindo Nasir, Nurhayati Nurhayati, & Esi Sriyanti. (2022). Analisis Upaya Dinas Koperasi Usaha, Kecil, Menengah Perindustrian Dan Perdagangan (Dkukmpp) Kabupaten Solok Dalam Mengembangkan Potensi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 102–119. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i1.797
- Mihani, & Hutauruk, T. R. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dapur Etam Sejahtera Samarinda Dalam Meningkatkan Penjualan Strategy for Development of Micro, Small and Medium Business (UMKM Kitchen Etam Prosperous Samarinda In Improving Sales. Jurnal Riset Inossa, 2(2), 111–122. www.ibukotakita.com,
- Nabila, C., Nur, T., & Amirulloh, M. R. (2021). Strategi Dinas Perdagangankoperasi Dan Ukm Kabupaten Sukabumi Dalam Pengembangan Sektor Usaha Mikro & Kecil. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 5(2), 172. https://doi.org/10.31604/jim.v5i2.2021.172-180
- Permana, E., & Herlan, H. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Ukm Di Sentra Ukm Fashion Bulak Timur, Kota Depok. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 11(1), 20–35. https://doi.org/10.33059/jmk.v11i1.4368
- Rizki, E. N., Wahyono, M., & Sukarno. (2020). Peran Dinas Perdagangan Kota Surabaya Dalam. Jurnal Universitas 12 Agustus 1945 Surabaya, 177–183. https://publik.untag- sby.ac.id/backend/uploads/pdf/37.pdf
- Setyawati, A., Ati, N. U., & Putra, L. R. (2024). Meningkatkan Ekonomi Masyarakat ( Studi Pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang ) Jurusan Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Admiministrasi , Universitas Islam Malang , Jl . MT Haryono 193 Malang , 65144 , Indonesia Masyaraka t Pend. 18(2), 18–32.
- Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid 19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Al-Intaj Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 46–58.
- Unique, A. (2016). Jurnal Kewirausahaan. 0, 1–23.
References
Anggraeni, C. D. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Melalui Inovasi Produk. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689– 1699.
Ayorbaba, G. (2021). perencanaan Strategis Dalam pengembangan Potensi pariwisata Kabupaten Yapen. Semnasif, 271–287.
Birruhaziron, F. (2021). Strategi Perencanaan Pengembangan Produk UMKM Oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Bandung. 83–91. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53513
Febriyani, A., & Anis, A. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Investasi Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Ketimpangan Distribusi Pendapatan Di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 3(4), 9. https://doi.org/10.24036/jkep.v3i4.12375
Hamzah, A. (2022). Strategi Pengembangan Umkm Desa Cibingbin Menuju Entrepreneurs Village Berbasis Sumberdaya Alam. Jurnal Pengabdian Dinamika, 9(2), 36. https://doi.org/10.62870/dinamika.v9i2.17860
Harlianda, D. (2022). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan Ukm Kab. Aceh Singkil. SOSEK: Jurnal Sosial Dan Ekonomi, 3(3), 110–120.
Harpindo Nasir, Nurhayati Nurhayati, & Esi Sriyanti. (2022). Analisis Upaya Dinas Koperasi Usaha, Kecil, Menengah Perindustrian Dan Perdagangan (Dkukmpp) Kabupaten Solok Dalam Mengembangkan Potensi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 102–119. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i1.797
Mihani, & Hutauruk, T. R. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dapur Etam Sejahtera Samarinda Dalam Meningkatkan Penjualan Strategy for Development of Micro, Small and Medium Business (UMKM Kitchen Etam Prosperous Samarinda In Improving Sales. Jurnal Riset Inossa, 2(2), 111–122. www.ibukotakita.com,
Nabila, C., Nur, T., & Amirulloh, M. R. (2021). Strategi Dinas Perdagangankoperasi Dan Ukm Kabupaten Sukabumi Dalam Pengembangan Sektor Usaha Mikro & Kecil. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 5(2), 172. https://doi.org/10.31604/jim.v5i2.2021.172-180
Permana, E., & Herlan, H. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Ukm Di Sentra Ukm Fashion Bulak Timur, Kota Depok. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 11(1), 20–35. https://doi.org/10.33059/jmk.v11i1.4368
Rizki, E. N., Wahyono, M., & Sukarno. (2020). Peran Dinas Perdagangan Kota Surabaya Dalam. Jurnal Universitas 12 Agustus 1945 Surabaya, 177–183. https://publik.untag- sby.ac.id/backend/uploads/pdf/37.pdf
Setyawati, A., Ati, N. U., & Putra, L. R. (2024). Meningkatkan Ekonomi Masyarakat ( Studi Pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang ) Jurusan Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Admiministrasi , Universitas Islam Malang , Jl . MT Haryono 193 Malang , 65144 , Indonesia Masyaraka t Pend. 18(2), 18–32.
Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid 19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Al-Intaj Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 46–58.
Unique, A. (2016). Jurnal Kewirausahaan. 0, 1–23.