Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengruh sistem kredit dan perilaku konsumen terhadap minat pembelian barang di Toko Super Rezeki Elektronik Cikampak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan mengisi angket yang diberikan penulis. Teknik analisis data yang digunakan asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adanya pengaruh  sistem kredit yang signifikan terhadap minat pembelian barang yaitu 0.000 < 0,05. Adanya pengaruh perilaku konsumen yang signifikan terhadap minat pembelian barang tersebut bernilai 0,001 < 0,05.  Adanya pengaruh sistem kredit dan perilaku konsumen secara bersama-sama sebesar 67,9%.

Keywords

Sistem Kredit Perilaku Konsumen Minat Pembelian Barang

Article Details

How to Cite
Fadhilah, J., Ulya, B., & Hasibuan, M. (2025). Pengaruh Sistem Kredit Dan Perilaku Konsumen Terhadap Minat Pembelian Barang Di Toko Super Rezeki Elektronik Cikampak. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1133–1143. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2482

References

  1. Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
  2. Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran E-Commerce Terhadap Perekonomian Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2). Https://Doi.Org/10.24036/Jkmb.10994100
  3. Holisoh, S., Indrawan, A., & Sudarma, A. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit Terhadap Efektivitas Pengendalian Piutang. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 8(2). Https://Doi.Org/10.25157/Je.V8i2.4021
  4. Huda, N., Hulaify, A., Zakiyah, Z., & Komarudin, P. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Minat Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pusat Baju Bekas Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (Jimpa), 3(1). Https://Doi.Org/10.36908/Jimpa.V3i1.155
  5. Kasman, H. (2023). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Inconnet (Studi Kasus Perumahan Sidomulyo Pekanbaru). Jotika Journal In Management And Entrepreneurship, 2(2). Https://Doi.Org/10.56445/Jme.V2i2.71
  6. Khafidin. (2020). Konsep Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  7. Muhajir, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Finansia Multi Finance Kredit Plus. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 1-12.
  8. Naufal, H., Irkhamni, I., & Yuliyani, M. (2020). Penelitian Penerapan Program Sistem Kredit Semester Menunjang Terealisasinya Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Pekalongan. Jurnal Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1).
  9. Rosiwan, G. M. A., & Lasmanah. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Pengguna Terhadap Penggunaan Sistem Kredit Online Pada Aplikasi Kredivo Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business And Management, 2(1). Https://Doi.Org/10.29313/Bcsbm.V2i1.306
  10. Safitri, J., & Khasanah, A. U. (2023). Pengaruh Harga, Brand Image, Kualitas Produk, Dan Digital Marketing Terhadap Minat Pembelian Produk Nadiraa Hijab. Ajie. Https://Doi.Org/10.20885/Ajie.Vol7.Iss1.Art2
  11. Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
  12. Wulansari, R. (2020). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Kredit Perbankan Terhadap Stabilitas Sistem Keuangan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb Ub, 8(1).
  13. Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran E-Commerce Terhadap Perekonomian Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2). Https://Doi.Org/10.24036/Jkmb.10994100
  14. Holisoh, S., Indrawan, A., & Sudarma, A. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit Terhadap Efektivitas Pengendalian Piutang. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 8(2). Https://Doi.Org/10.25157/Je.V8i2.4021
  15. Huda, N., Hulaify, A., Zakiyah, Z., & Komarudin, P. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Minat Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pusat Baju Bekas Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (Jimpa), 3(1). Https://Doi.Org/10.36908/Jimpa.V3i1.155
  16. Kasman, H. (2023). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Inconnet (Studi Kasus Perumahan Sidomulyo Pekanbaru). Jotika Journal In Management And Entrepreneurship, 2(2). Https://Doi.Org/10.56445/Jme.V2i2.71
  17. Khafidin. (2020). Konsep Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  18. Naufal, H., Irkhamni, I., & Yuliyani, M. (2020). Penelitian Penerapan Program Sistem Kredit Semester Menunjang Terealisasinya Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Pekalongan. Jurnal Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1).
  19. Rosiwan, G. M. A., & Lasmanah. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Pengguna Terhadap Penggunaan Sistem Kredit Online Pada Aplikasi Kredivo Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business And Management, 2(1). Https://Doi.Org/10.29313/Bcsbm.V2i1.306
  20. Safitri, J., & Khasanah, A. U. (2023). Pengaruh Harga, Brand Image, Kualitas Produk, Dan Digital Marketing Terhadap Minat Pembelian Produk Nadiraa Hijab. Ajie. Https://Doi.Org/10.20885/Ajie.Vol7.Iss1.Art2
  21. Sukmawati, S., Asmaliani, I., & As' ad, A. (2024). Peningkatan Produksi dan Perbaikan Pemasaran dari Produk Abon Cakalang Pedas Kedai Shafa di kelurahan Pandang, Panakkukang, Makassar. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(4), 2928-2940.
  22. Wulansari, R. (2020). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Kredit Perbankan Terhadap Stabilitas Sistem Keuangan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb Ub, 8(1).
  23. Filani, L., & Ariswati, L. D. (2025). Analisis Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Turunnya Minat Beli. Riggs: Journal Of Artificial Intelligence And Digital Business, 4(1), 457-463.
  24. Afipah, L. N., & Silviana, B. (2025). Pengaruh Kebijakan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Mandiri Sukses Lestari Padangsidimpuan. Jeib (Jurnal Ekonomi Dan Inovasi Bisnis), 1(1).
  25. Ramadhanti, A., Aziz, I. A., & Khoer, M. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Generasi Milenial Pada Produk Pembiayaan Griya Simuda Di Bank Syariah Indonesia. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 3(2), 97-110.
  26. Ramdani, M. R., Kamidin, M., & Ajmal, A. A. (2018). Implementasi SAK-ETAP pada UMKM warkop di Kota Makassar. Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan), 3(2), 109-117.
  27. Savitri, M., Mahardini, S., & Kurniawan, L. (2025). Pengaruh Program Cashback, Diskon, Dan Metode Pembayaran Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi Unclebrew. Ikraith-Ekonomika, 8(1), 1-10.