Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi risiko, dan persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan e-money di Trendz Store RantauPrapat. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 89 konsumen yang pernah menggunakan e-money di toko tersebut. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan persepsi risiko memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-money, sementara persepsi kemudahan juga berperan penting dalam meningkatkan minat konsumen untuk menggunakan sistem pembayaran digital. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-money, serta memberikan implikasi praktis bagi penyedia layanan dalam meningkatkan penggunaan e-money di sektor retail. Hasil penelitian ini juga memberikan wawasan tentang bagaimana persepsi konsumen terhadap manfaat, risiko, dan kemudahan dapat mempengaruhi perilaku mereka dalam bertransaksi dengan menggunakan e-money.

Keywords

Persepsi Manfaat Persepsi Risiko Persepsi Kemudahan Keputusan Penggunaan E-Money Adopsi Teknologi Pembayaran Digital

Article Details

How to Cite
Afrila, L., Ulya, B., & Zunaeidi, E. (2025). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Penggunaan e–Money Dalam Melakukan Transaksi Pada Toko Pakaian Trendz Store RantauPrapat. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1144–1154. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2483

References

  1. Adam, A., Wahono, B., & Bastomi, M. (2024). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Penggunaan Bri Mobile (Brimo)(Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). E-Jrm: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 864-875.
  2. Alfani, R. S., & Ariani, K. R. (2024). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (Qris). Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1).
  3. Ananda, A. D., & Puspitasari, E. (2024). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan, Fitur Layanan Dan Persepsi Risiko Penggunaan Dompet Digital Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Pengguna Jasa Pengurusan Transportasi Laut. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 8(1), 1498-1516.
  4. Arif Sugiono dan Ghia Subagja Taufik Ismail. (2023). Analisis Penerimaan Pengguna Produk E-Money Bandar Lampung Analysis Of User Acceptance Of Gopay E-Money Products On Intention To Use Go-Pay In Bandar Lampung', 1
  5. As' ad, A., & Mulang, H. (2024). Analysis of Gowa Regency's Leading Economic Sectors. Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 73-83.
  6. Basalamah, S. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Tingkat Bagi Hasil Akad Mudharabah pada Bank Syariah di Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 408-417.
  7. Chairani, M. (2024). Analisis Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik Berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta).
  8. Christono.A.B. (2022). 'Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan, Journal of Economics and Business UBS, 8.1, 1-17
  9. Dewi, R. (2024). Pengaruh Kemudahan Akses, Penggunaan Layanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko, Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Menggunakan Mobile Banking Di Era Cashless Society.(Studi Kasus Para Nasabah Mobile Banking Di Kabupaten Pekalongan) (Doctoral Dissertation, Uin. Kh Abdurrahman Wahid Pekalongan).
  10. Hutami A Ningsih, Endang M Sasmita, and Bida Sari, "Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa, Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4,1 (2021), 1-9.
  11. Jannah, M., Budiandriani, B., & Ajmal, A. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Tingkat Inflasi Terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Otomotif di Bursa Efek Indonesia. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 5(1).
  12. Kumalasari, E. R. (2024). Peran Gender Dalam Memoderasi Pengaruh Keamanan Terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan E-Money Di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(3), 245-255.
  13. Megaranto, A., & Madi, R. A. (2025). Persepsi Manfaat, Risiko, Dan Kepercayaan Sebagai Determinan Keputusan Penggunaan Financial Technology. Homanis: Jurnal Halu Oleo Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 18-29.
  14. Millah, F., Selasi, D., & Vidiati, H. C. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet (Studi Pada Pengguna E-Wallet Di Kecamatan Arjawinangun). Research Accounting and Auditing Journal, 1(1), 1-6.
  15. Mustofan, F. J., & Kurniawati, L. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Keamanan, Persepsi Risiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana. Yume: Journal Of Management, 7(1), 856-868.
  16. Muniarty.p (2-23). "Efektivitas Penggunaan QRIS Sebagai Alat Transaksi Digital Di Kota Bima, Owner, 7.3. 2731-39
  17. Nurasisah, N., & As' ad, A. (2022). Analisis Proses Manajemen Risiko Perbankan dalam Mengendalikan Risiko Kredit. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(2), 32-39.
  18. Ramadanti, S. N., Agustina, R., & Gustiana, R. (2025). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Qris. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 173-192.
  19. Rejeki, R. S., & Astuti, P. B. (2024). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 6(4), 592-612.
  20. Basalamah, S. A. (2022). The Influence of Leadership and Training on Teacher Competence and Performance. Tadib: Jurnal Pendidikan Islam, 26(2), 125-139.
  21. Sulistyani, A., Apriyanti, A., & Setiawan, H. (2024, September). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan E Wallet Sebagai Alternatif Pembayaran Di Starbucks Di Madiun. In Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi (Vol. 6).
  22. Rahmatika.U and Fajar.M.A. (2019)., "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money: Integrasi Moxlel Tam Tpb Dengan Perceived Risk', Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8.2 274-84
  23. Oentario.Y, Harianto., and Irawati. J. (2017). 'Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, 11.1 (2017), 26-31
  24. Nustini.Y and Annisa H. Adhinagari. (2020). 'Penerapan Technology Acceptance Model Pada Penggunaan E-Money Studi Pada Wilayah Non Perkotaan. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9.2 (2020), 97-111.