Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan dalam mengetahui dan menganalisa pengaruh perilaku konsumen, kebutuhan konsumen, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Mie Gacoan Rantauprapat. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mie Gacoan. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus lemeshow. Jadi, jumlah sampel yang diperlukan adalah 96 responden yaitu konsumen Mie Gacoan Rantauprapat. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan kuesioner skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perilaku konsumen dengan parsial memberi pengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian konsumen. Kebutuhan konsumen dengan parsial memberi pengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian. Promosi dengan parsial memberi pengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian konsumen. Harga dengan parsial memberi pengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian konsumen. Perilaku konsumen, kebutuhan konsumen, promosi dan harga dengan simultan memberi pengaruh pada keputusan pembelian konsumen di Mie Gacoan Rantauprapat.

Article Details

How to Cite
Zega, M. T., Halim, A., & Munthe, A. M. (2025). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen, Kebutuhan Konsumen, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Mie Gacoan Rantauprapat. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1254–1270. Retrieved from https://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2490

References

  1. Abdullah, M. H. (2024). Analisa Strategi Bauran Pemasaran Jasa Dan Citra Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Kbih Miftahul Ulum Lumajang). Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 5(1), 82-101.
  2. Adha, S. (2022). Faktor revolusi perilaku konsumen era digital: sebuah tinjauan literatur. Jipis, 31(2), 134-148.
  3. Alvesson, M., & Sandberg, J. (2024). Constructing research questions: Doing interesting research. SAGE Publications Limited.
  4. Arfah, Y. (2022). Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional.
  5. Basuni, M., Setiadi, R., Fitralisma, G., & Ikhwan, S. (2023). Analisis pengaruh perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian online masyarakat Kabupaten Brebes pada e-commerce Shoppe. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 10-18.
  6. Darnilawati., Marissa, A., Wijayani, M. R., Prabowo, I. M., Faturahman, D. & Purno, M. (2024). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN. Cendikia Mulia Mandiri.
  7. Dewi, W. W. A., Febriani, N., Destrity, N. A., Tamitiadini, D., Illahi, A. K., Syauki, W. R., ... & Prasetyo, B. D. (2022). Teori Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press.
  8. Engka, I. E., Pelleng, F. A., & Keles, D. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lifeboy di Kantor PT. Unilever Indonesia. Productivity, 2(3), 192-197.
  9. Fairliantina, N. I. R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Fore Coffee: Kualitas Produk, Promosi, Persepsi Harga, dan Keputusan Pembelian. Jurnal Ecoment Global, 8(2), 18-29.
  10. Lalita, V, S. S., Viktor, A, S. M., Andayani, S. U., Sos, S., Hasman, B, S. E., Zamroji, A, M., ... & SE, M. (2024). Perilaku Konsumen. CV Rey Media Grafika.
  11. Farizal, A., & Fitralisma, G. (2021). Analisis bauran pemasaran (Marketing Mix) pada telor asin UD. Ratu Sari. Journal of Economic and Management (JECMA), 3(2), 10-18.
  12. Iriawan, H. (2021). Manajemen merek & kepuasan pelanggan. Penerbit NEM.
  13. Iswanto, Z., & Suparman, S. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Le Minerale Di Kota Bekasi. JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(5), 409-414.
  14. Kotler, P., Amstrong, G., (2019). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13.
  15. Kotler, P; Keller, K. L. (2020). Manajemen pemasaran : Jil. 1 Alih Bahasa Bob Sabran. Jurnal Manajemen Dan Enterpreneurship, 6(3).
  16. Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian (studi pada Elzatta Hijab Garut). Prismakom, 18(1), 33-38.
  17. Lestari, A., & Aslami, N. (2022). Perilaku Konsumen Asuransi terhadap Keputusan Pembelian. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 21(1), 34-42.
  18. Lionarto, L., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. (2022). Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 527-545.
  19. Mubarok, M. S., Fadhillah, N., & Fahim, A. (2024). Pengaruh Sertifikasi Label Halal, Kebutuhan dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Mixue. Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 233-239.
  20. Nuryakin, R. A., SE, M., Negara, A. K., SE, M., Nurcholifah, I., & Sudarsono, S. E. (2025). Perilaku Konsumen Dan Gaya Hidup. Cendikia Mulia Mandiri.
  21. Pardiyono, R., Suteja, J., Juju, U., & Puspita, H. D. (2022). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. CV Pena Persada.
  22. Paridy, A. (2024). Pengaruh kebutuhan, gaya hidup, barang konsumtif sebagai variabel intervening terhadap keputusan pembelian. Mariobre: Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(1), 15-26.
  23. Sari, M. P., Rachman, L. A., & Ronaldi, D. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk YOU. Jurnal Enterpreneur dan Bisnis (JEBI), 1(2).
  24. Setyawati, R., Suhartono, S., & Asmoro, P. N. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Real Property Melalui Digital Marketing Sebagai Variabel Intervening Di Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9(1), 68-84.
  25. Silviani, I., & Darus, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC). Sc
  26. Sinulingga, N. A. B., Sihotang, H. T., & Kom, M. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. Iocs Publisher.
  27. Siregar, A. M., & Aslami, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 21(2), 96-103.
  28. Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc:(Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 579-599.
  29. Sutrisna, E., Mm, C. M. T., Wahyu, D., & Billy Lazuardi, S. E. (2024). Manajemen pemasaran. Indonesia Emas Group.
  30. Violin, V., Mawardi, S., & Nasriani, N. (2021). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Distribusi terhadap keputusan pembelian minuman Coca-Cola di Makassar. Economics and Digital Business Review, 2(2), 205-213.
  31. Wibowo, W., & Ayuningtyas, F. (2024). Generasi Z sebagai Konsumen Masa Depan: Karakteristik, Preferensi, dan Tantangan Baru. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi), 5(2), 90-99.
  32. Wiliam, W., Evrata, A., Brasa, E. A. R. U., Lim, J., Chouandi, V., & Saputra, H. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Current Ratio Dan Return On Equity Terhadap Earning Pershare Pada Perusahaan Suksektor Perdagangan Besar Dan Perdagangan Kecil Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(3), 3009-3016.
  33. Yanti, I. F. A., Ulfian, U., Febriani, F., Bayulpa, D. O., Safitra, M., & Tarigan, D. J. (2024). Konsep Etika Bisnis Dan Prilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Journal of Economics and Business, 2(1), 21-33.
  34. Zuraida, L., & Nugroho, A. D. (2024). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Personal, Hubungan Masyarakat dan Pemasaran Langsung Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket: Studi Kasus Konde Mart. Syntax Idea, 6(3), 1050-1068