Main Article Content
Abstract
Tentu saja, banyak perusahaan smartphone yang signifikan bersaing dengan konsumen di zaman modern ini dengan berbagai produk baru yang sering diperbarui. Tujuan penelitian ini tidak lain untuk menyelidiki dampak dari kata-kata dari mulut ke mulut, duta merek, dan citra merek pada merek Samsung utamanya pada produk smartphone. Jika pembeli memilih salah satu dari beberapa kemungkinan, mereka akan melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu analisis keputusan pembelian, di mana mereka perlu menentukan barang seperti apa yang ingin dibeli setelah mereka membuat berbagai pilihan. Pelanggan yang pernah membeli produk Samsung dalam hal ini pada lini produk smartphonenya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana datanya dikumpulkan melalui kuesioner. Purposive sampling diaplikasikan tujuannya untuk menentukan sampel yang jumlahnya 100 responden. Menggunakan SmartPLS 4.0 sebagai alat uji instrumen, pengujian asumsi klasik, serta uji hipotesis yang parsial ataupun simultan. Menurut temuan penelitian tersebut, promosi dari mulut ke mulut, duta merek, dan citra merek memiliki pengaruh besar terhadap keputusan konsumen untuk membeli ponsel pintar Samsung, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Achmad, N., Nestri, M. SZ., & Sholahudin, M. (2021). The Influence of Brand Ambassador & Eletronic Word of Mouth (e-WOM) on Consumer Buying Interest in Lazada Marketplace With Brand Image as a Mediator. Prosiding University Research Colloquium, 14(7), 7–15. https://www.repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1607
- Amaral, M. C., Perkasa, D. H., & Abdullah, M. A. F. (2025). Analisis Anteseden Keputusan Pembelian Produk Telepon Pintar Merek Samsung di PGC Cililitan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 7(1), 16–28. https://journal.paramadina.ac.id/
- Apriliani, H. N., & Setyawati, H. A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Moisturizer Skintific (Studi pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 5(3), 2023. https://jurnal.universitasputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
- Aruna, S. T., Hariasih, M., & Pebrianggara, A. (2024). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Sakura Glow. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(2), 228–245.
- Dhameria, V. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. Cendekia Jaya, 1(1), 52–62. https://doi.org/https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya.v1i1.9
- Erisca, V., & Jalari, M. (2024). Pengaruh Brand Image, Persepsi Kualitas Dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. JAMBURA, 6(3), 1525–1535. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
- Ghozali, I. (2023). Partial Least Squares : Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 4.0 untuk Penelitian Empiris. Yoga Pratama.
- Hadi, A. V., & Prabowo, R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Semarang. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 540–548. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2280
- Heriyati, P., Supriadi, O., & Fadel. (2020). The Influence Of Brand Image Dimensions On Consumer’s Purchase Behavior (The Case Of Agoda.Com). Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 18(1), 355–365.
- Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37–43. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/asy-syarikah
- Irawanti, G. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Experience Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kecantikan. E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan), 9(2), 182–192.
- Kusuma, A. B., Suwanta, D. M., Nugraha, Y., & Putra, J. P. (2025). YUME : Journal of Management. YUME : Journal of Management, 8(2), 125–134.
- Lestari, P., Arifin, M. Z., & Bisari, N. A. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Shopee. Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business, 4(2), 154–172. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11788
- Malensang, P. O., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri A di IT Center Manado. Productivity, 3(5), 445–451.
- Maulidya Syahla, A., Ekonomi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2024). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Ulang Skincare Pada Generasi Muda Yang Dimediasi Oleh Brand Image. Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 40–55. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/MdB
- Oktavia, E. B., Fatimah, F., & Puspitadewi, I. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening Indonesia Di Tokopedia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH (JEBG), 20(2), 361–375. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/growth-journal.v20i2.2108.
- Oktaviani, F. N., & Zagladi, A. N. (2025). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Malang. Journal of Management and Bussines (JOMB), 7(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jomb.v7i1.13290
- Pradana, R. A., & Gunawan, B. (2024). Pengaruh Word Of Mouth, Kepercayaan, Harga Dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli Smartphone Samsung. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1482–1491. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
- Sari, Y. M., & Kartini, I. A. N. (2025). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness, Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 14(8), 61–70. https://doi.org/https://doi.org/10.8734/musytari.v14i8.10720
- Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Tondang, G. A., & Silalahi, P. R. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Android. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1, 92–99.
- Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(5).
- Wardani, A. A. K., & Istiyanto, B. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Co-Branding Samsung X BTS ). Edunomika, 06(01), 551–557.
References
Achmad, N., Nestri, M. SZ., & Sholahudin, M. (2021). The Influence of Brand Ambassador & Eletronic Word of Mouth (e-WOM) on Consumer Buying Interest in Lazada Marketplace With Brand Image as a Mediator. Prosiding University Research Colloquium, 14(7), 7–15. https://www.repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1607
Amaral, M. C., Perkasa, D. H., & Abdullah, M. A. F. (2025). Analisis Anteseden Keputusan Pembelian Produk Telepon Pintar Merek Samsung di PGC Cililitan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 7(1), 16–28. https://journal.paramadina.ac.id/
Apriliani, H. N., & Setyawati, H. A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Moisturizer Skintific (Studi pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 5(3), 2023. https://jurnal.universitasputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
Aruna, S. T., Hariasih, M., & Pebrianggara, A. (2024). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Sakura Glow. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(2), 228–245.
Dhameria, V. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. Cendekia Jaya, 1(1), 52–62. https://doi.org/https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya.v1i1.9
Erisca, V., & Jalari, M. (2024). Pengaruh Brand Image, Persepsi Kualitas Dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. JAMBURA, 6(3), 1525–1535. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Ghozali, I. (2023). Partial Least Squares : Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 4.0 untuk Penelitian Empiris. Yoga Pratama.
Hadi, A. V., & Prabowo, R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Semarang. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 540–548. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2280
Heriyati, P., Supriadi, O., & Fadel. (2020). The Influence Of Brand Image Dimensions On Consumer’s Purchase Behavior (The Case Of Agoda.Com). Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 18(1), 355–365.
Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37–43. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/asy-syarikah
Irawanti, G. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Experience Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kecantikan. E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan), 9(2), 182–192.
Kusuma, A. B., Suwanta, D. M., Nugraha, Y., & Putra, J. P. (2025). YUME : Journal of Management. YUME : Journal of Management, 8(2), 125–134.
Lestari, P., Arifin, M. Z., & Bisari, N. A. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Shopee. Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business, 4(2), 154–172. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11788
Malensang, P. O., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri A di IT Center Manado. Productivity, 3(5), 445–451.
Maulidya Syahla, A., Ekonomi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2024). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Ulang Skincare Pada Generasi Muda Yang Dimediasi Oleh Brand Image. Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 40–55. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/MdB
Oktavia, E. B., Fatimah, F., & Puspitadewi, I. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening Indonesia Di Tokopedia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH (JEBG), 20(2), 361–375. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/growth-journal.v20i2.2108.
Oktaviani, F. N., & Zagladi, A. N. (2025). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Malang. Journal of Management and Bussines (JOMB), 7(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jomb.v7i1.13290
Pradana, R. A., & Gunawan, B. (2024). Pengaruh Word Of Mouth, Kepercayaan, Harga Dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli Smartphone Samsung. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1482–1491. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Sari, Y. M., & Kartini, I. A. N. (2025). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness, Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 14(8), 61–70. https://doi.org/https://doi.org/10.8734/musytari.v14i8.10720
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tondang, G. A., & Silalahi, P. R. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Android. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1, 92–99.
Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(5).
Wardani, A. A. K., & Istiyanto, B. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Co-Branding Samsung X BTS ). Edunomika, 06(01), 551–557.