Main Article Content

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh gaya hidup, prestise dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian Kopi Fore di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data kuesioner dari 100 responden yang merupakan konsumen Kopi Fore di Kota Surabaya. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kopi Fore di Kota Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran Kopi Fore perlu mempertimbangkan kedua faktor tersebut agar dapat lebih efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Keywords

Gaya Hidup Prestise Kelompok Referensi Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Marhayu, R. ., & Pratama, M. A. N. . (2025). Pengaruh Gaya Hidup, Prestise, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z (Studi Kasus Pada Kopi Fore Di Kota Surabaya). Economics and Digital Business Review, 6(2), 1252–1265. Retrieved from https://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2511

References

  1. Ajiwibani, M. P., & Edwar, M. (2019). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. (Studi Pada Konsumen D’Goda Coffee Pazkul Sidoarjo). Unesa, 1. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/viewFile/ 12033/11217
  2. Choirunnisa, D. (2021). Perilaku Pembelian Impulsif: Seberapa Besar Peran Gaya Hidup dan Literasi Ekonomi ? Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 61–70.
  3. Delinda, H. C., & Santoso, A. B. (2023). Pengaruh Lifestyle, Prestise, dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian pada Superindo Kota Semarang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 329. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.904
  4. Fianov, R. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Starbucks Reserve. Journal Fillgap, 53(9), 1689–1699.
  5. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://www.researchgate.net/publication/301199668_Aplikasi_Analisis_Multivariete_SPSS_23
  6. Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris. BP Undip Semarang, 290. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=6422716518691456617&btnI=1&hl=en
  7. Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4156
  8. Kasali, R. (2002). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Gramedia Pustaka Utama. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/4082/membidik-pasar-indonesia-segmentasi-targeting-dan-positioning.html
  9. Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.
  10. Kusumastuti, A. R., & Setyabudi, D. (2018). Hubungan Brand Image, Brand Prestige, Lifestyle, dan Social Influence dengan Keputusan. E-Journal, 1–12.
  11. Lomboan, R., Tampi, J. R. ., & Mukuan, D. D. . (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square. Productivity, 1(3), 256–260.
  12. Mokoagouw, M. L. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 493–502. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10913
  13. Prakoso, H. W., & Iriani, S. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria F150. Journal of Research in Economics and Management (Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 262–279.
  14. Pramadani, F. (2013). PENGARUH MATERIALISME, PRESTISE, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KAFE MEWAH DI KOTA MALANG. 1–14.
  15. Putra, D. N., Hartono, & Irdiana, S. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen, Prestise Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Vape Di Kecamatan Senduro). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 5(1), 46–53.
  16. Sahir, S. H., Ramadhani, A., Dewi, E., Tarigan, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen , 3(1), 1–15. www.pom.go.id
  17. Sarah, S. F., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 37. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6732
  18. Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia, 2. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=LT9aq8AAAAAJ&citation_for_view=LT9aq8AAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
  19. Wibowo, A. F., Suseno, D. E., Riyadi, H., & Id, S. C. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Prestise Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang). Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis , 1–17.
  20. Winna, A., & Rindang, M. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Wardah Pada Generasi Y. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 27(1), 1–12.
  21. Zahra, N. H., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Sikap Dan Niat Pembelian Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 192–199.