Main Article Content
Abstract
Penelitian ini meneliti pengaruh gaya hidup, prestise dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian Kopi Fore di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data kuesioner dari 100 responden yang merupakan konsumen Kopi Fore di Kota Surabaya. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kopi Fore di Kota Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran Kopi Fore perlu mempertimbangkan kedua faktor tersebut agar dapat lebih efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Ajiwibani, M. P., & Edwar, M. (2019). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. (Studi Pada Konsumen D’Goda Coffee Pazkul Sidoarjo). Unesa, 1. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/viewFile/ 12033/11217
- Choirunnisa, D. (2021). Perilaku Pembelian Impulsif: Seberapa Besar Peran Gaya Hidup dan Literasi Ekonomi ? Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 61–70.
- Delinda, H. C., & Santoso, A. B. (2023). Pengaruh Lifestyle, Prestise, dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian pada Superindo Kota Semarang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 329. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.904
- Fianov, R. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Starbucks Reserve. Journal Fillgap, 53(9), 1689–1699.
- Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://www.researchgate.net/publication/301199668_Aplikasi_Analisis_Multivariete_SPSS_23
- Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris. BP Undip Semarang, 290. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=6422716518691456617&btnI=1&hl=en
- Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4156
- Kasali, R. (2002). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Gramedia Pustaka Utama. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/4082/membidik-pasar-indonesia-segmentasi-targeting-dan-positioning.html
- Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.
- Kusumastuti, A. R., & Setyabudi, D. (2018). Hubungan Brand Image, Brand Prestige, Lifestyle, dan Social Influence dengan Keputusan. E-Journal, 1–12.
- Lomboan, R., Tampi, J. R. ., & Mukuan, D. D. . (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square. Productivity, 1(3), 256–260.
- Mokoagouw, M. L. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 493–502. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10913
- Prakoso, H. W., & Iriani, S. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria F150. Journal of Research in Economics and Management (Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 262–279.
- Pramadani, F. (2013). PENGARUH MATERIALISME, PRESTISE, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KAFE MEWAH DI KOTA MALANG. 1–14.
- Putra, D. N., Hartono, & Irdiana, S. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen, Prestise Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Vape Di Kecamatan Senduro). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 5(1), 46–53.
- Sahir, S. H., Ramadhani, A., Dewi, E., Tarigan, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen , 3(1), 1–15. www.pom.go.id
- Sarah, S. F., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 37. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6732
- Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia, 2. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=LT9aq8AAAAAJ&citation_for_view=LT9aq8AAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
- Wibowo, A. F., Suseno, D. E., Riyadi, H., & Id, S. C. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Prestise Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang). Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis , 1–17.
- Winna, A., & Rindang, M. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Wardah Pada Generasi Y. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 27(1), 1–12.
- Zahra, N. H., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Sikap Dan Niat Pembelian Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 192–199.
References
Ajiwibani, M. P., & Edwar, M. (2019). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. (Studi Pada Konsumen D’Goda Coffee Pazkul Sidoarjo). Unesa, 1. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/viewFile/ 12033/11217
Choirunnisa, D. (2021). Perilaku Pembelian Impulsif: Seberapa Besar Peran Gaya Hidup dan Literasi Ekonomi ? Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 61–70.
Delinda, H. C., & Santoso, A. B. (2023). Pengaruh Lifestyle, Prestise, dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian pada Superindo Kota Semarang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 329. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.904
Fianov, R. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Starbucks Reserve. Journal Fillgap, 53(9), 1689–1699.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://www.researchgate.net/publication/301199668_Aplikasi_Analisis_Multivariete_SPSS_23
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris. BP Undip Semarang, 290. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=6422716518691456617&btnI=1&hl=en
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4156
Kasali, R. (2002). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Gramedia Pustaka Utama. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/4082/membidik-pasar-indonesia-segmentasi-targeting-dan-positioning.html
Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.
Kusumastuti, A. R., & Setyabudi, D. (2018). Hubungan Brand Image, Brand Prestige, Lifestyle, dan Social Influence dengan Keputusan. E-Journal, 1–12.
Lomboan, R., Tampi, J. R. ., & Mukuan, D. D. . (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square. Productivity, 1(3), 256–260.
Mokoagouw, M. L. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 493–502. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10913
Prakoso, H. W., & Iriani, S. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria F150. Journal of Research in Economics and Management (Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 262–279.
Pramadani, F. (2013). PENGARUH MATERIALISME, PRESTISE, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KAFE MEWAH DI KOTA MALANG. 1–14.
Putra, D. N., Hartono, & Irdiana, S. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen, Prestise Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Vape Di Kecamatan Senduro). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 5(1), 46–53.
Sahir, S. H., Ramadhani, A., Dewi, E., Tarigan, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen , 3(1), 1–15. www.pom.go.id
Sarah, S. F., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 37. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6732
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia, 2. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=LT9aq8AAAAAJ&citation_for_view=LT9aq8AAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Wibowo, A. F., Suseno, D. E., Riyadi, H., & Id, S. C. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Prestise Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang). Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis , 1–17.
Winna, A., & Rindang, M. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Wardah Pada Generasi Y. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 27(1), 1–12.
Zahra, N. H., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Sikap Dan Niat Pembelian Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 192–199.