Main Article Content
Abstract
Percetakan merupakan usaha di bidang jasa yang mengahasilkan proses transfer desain dalam bentuk tulisan dan gambar menggunakan mesin cetak. Industri percetakan mengalami penurunan diakibatkan digitalisasi, pada tahun 2022 pengurangan tenaga kerja pada industri percetakan naik hingga 14,8%. Tidak hanya itu bisnis percetakan juga memiliki banyak pesaing hingga pasar jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis studi kelayakan bisnis PT Mediantara Jaya Wiguna atau Andy Printing dari aspek pemasaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pemasaran PT Mediantara Jaya Wiguna dilakukan dengan strategi yang berfokus pada produk produk yang berkualitas dan harga yang kompetitif. Pemasaran juga dilakukan melalui berbagai saluran, promosi dilakukan melalui e-commerce dan networking, serta memberikan pelayanan pengantaran barang untuk konsumen yang melakukan minimum order. Maka berdasarkan aspek pasar, usaha PT Mediantara Jaya Wiguna layak untuk dikembangkan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
- Hasan, S., Elpisah, Sabtohadi, J., Zarkasi, & Fachrurazi, H. (2022). STUDI KELAYAKAN BISNIS (S. Hasan (ed.)). CV. Pena Persada.
- Kotler, P., Armstrong, G., & Balasubramanian, S. (2024). Principles of Marketing.
- Najib, A. (2017). PENERAPAN MASS EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA DAN MENULIS PEGON PADA PELAJARAN KITAB NGUDI SUSILO DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. IAIN KUDUS.
- Purnomo., R. R. A., & Sugianto, L. O. (2017). Studi Kelayakan Bisnis. Universitas Muhamadiyah Ponorogo.
- Sulistiyowati, W. (2019). Analisis Kelayakan Usaha. UMSIDA PRESS.
References
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Hasan, S., Elpisah, Sabtohadi, J., Zarkasi, & Fachrurazi, H. (2022). STUDI KELAYAKAN BISNIS (S. Hasan (ed.)). CV. Pena Persada.
Kotler, P., Armstrong, G., & Balasubramanian, S. (2024). Principles of Marketing.
Najib, A. (2017). PENERAPAN MASS EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA DAN MENULIS PEGON PADA PELAJARAN KITAB NGUDI SUSILO DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. IAIN KUDUS.
Purnomo., R. R. A., & Sugianto, L. O. (2017). Studi Kelayakan Bisnis. Universitas Muhamadiyah Ponorogo.
Sulistiyowati, W. (2019). Analisis Kelayakan Usaha. UMSIDA PRESS.