Main Article Content

Abstract

Pendidikan ialah suatu hal yang dinilai sangat penting dan harus diperhatikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di suatu negara, termasuk Indonesia. Oleh karenanya, model pembelajaran pada pendidikan di suatu negara terus mengalami perubahan tergantung pada kebutuhannya. Dalam hal ini, salah satu konsep pembelajaran yang dinilai mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu dengan penerapan kebijakan merdeka belajar. Sejauh ini, instansi pendidikan yang telah banyak menerapkan kebijakan merdeka belajar yaitu Sekolah Dasar (SD). Sehingga, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan merdeka belajar pada SD di Kabupaten Bolaang Mangodow Timur dan apa saja kendala yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui penelitian langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan merdeka belajar yang dilakukan pada SD di Bolang Mangodow Timur telah berjalan dengan baik, yang mana dalam penerapannya memperhatikan beberapa aspek, seperti: penentuan pola penerapan, melakukan perencanaan pelaksanaan kebijakan merdeka belajar, dan peningkatan kreativitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Keywords

Pendidikan Merdeka Belajar Sekolah Dasar (SD)

Article Details

How to Cite
Assa , J. V. ., Mokat , J. J. ., & Mamonto , F. . (2025). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bolaang Mangondow Timur. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1122–1127. Retrieved from https://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2580

References

  1. Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Gruru dan Pembelejaran.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona VUrys Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020, 1-20.
  3. Manik, H. S. (2022). Tantang Menjadi Guru Matematika Dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Jurnal Pendidikan, 6(1), 328-332.
  4. Nawi, R. (2018). Reinventing Givernment dalam Model Analisis Kebijakan Pelayanan Birokrasi di Indonesia. Jurnal Universitas Satria Makassar.
  5. Nugroho, R. (2009). Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  6. Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan ke 8. Jakarta: Kencana Prenada Media.
  7. Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Dikti.
  8. Syukur, B. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosidising Seminar Nasional Hardiknas, 1.
  9. Widodo, J. (2008). Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Bayumedia.
  10. Winarno, B. (2011). Kebijakan Publik, Teori dan Proses (Edisi Revisi). Yogyakarta: Pressindo.