Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi usaha terhadap volume penjualan pada usaha fotokopi Mutiara Hati di Manokwari. Latar belakang penelitian didasarkan pada pentingnya lokasi sebagai elemen bauran pemasaran yang memengaruhi arus pelanggan, kemudahan akses, dan tingkat transaksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada 50 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lokasi usaha yang diukur melalui lima indikator (aksesibilitas, visibilitas, kedekatan dengan target pasar, fasilitas pendukung, dan keamanan lingkungan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,568 menunjukkan bahwa 56,8% variasi volume penjualan dijelaskan oleh faktor lokasi usaha. Temuan ini menegaskan pentingnya lokasi strategis sebagai salah satu determinan keberhasilan usaha jasa, khususnya fotokopi, di lingkungan perkantoran. Implikasi penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha mikro dalam merancang strategi bisnis yang berkelanjutan.

Keywords

lokasi usaha, volume penjualan, strategi pemasaran, usaha fotokopi, regresi linier sederhana

Article Details

How to Cite
Maryam, M., Heatubun, F. ., & Rahaded, L. K. . (2025). Pengaruh Lokasi Usaha terhadap Volume Penjualan pada Usaha Fotokopi Mutiara Hati Manokwari. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1521–1528. Retrieved from https://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2585

References

  1. Chen, Z., Yildizbasi, A., & Sarkis, J. (2023). How safe is the circular economy? Resources, Conservation and Recycling, 188, 106649. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2022.106649
  2. Choudhary, P., G, V. S., Khade, M., Savant, S., Musale, A., G, R. K. K., Chelliah, M. S., & Dasgupta, S. (2021). Empowering blue economy: From underrated ecosystem to sustainable industry. Journal of Environmental Management, 291, 112697. https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2021.112697
  3. Dagilienė, L., Varaniūtė, V., & Bruneckienė, J. (2021). Local governments’ perspective on implementing the circular economy: A framework for future solutions. Journal of Cleaner Production, 310, 127340. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.127340
  4. Ekici, T., & Besim, M. (2016). A Measure of the Shadow Economy in a Small Economy: Evidence from Household-Level Expenditure Patterns. Review of Income and Wealth, 62(1), 145–160. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/roiw.12138
  5. Giovanni, S. (2021). Investigating interdependences between Blue Economy’ sectors: insights from a strategic management perspective. Journal of Aquaculture & Marine Biology, 10(2), 41–58. https://doi.org/10.15406/jamb.2021.10.00306
  6. Keen, M. R., Schwarz, A.-M., & Wini-Simeon, L. (2018). Towards defining the Blue Economy: Practical lessons from pacific ocean governance. Marine Policy, 88, 333–341. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2017.03.002
  7. Khan, Maria Hameed, Williams, Jannine, Williams, Penny, & Mayes, Robyn. (2023). Caring in the Gig Economy: A Relational Perspective of Decent Work. Work, Employment and Society, 38(4), 1107–1127. https://doi.org/10.1177/09500170231173586
  8. Korhonen, J., Honkasalo, A., & Seppälä, J. (2018). Circular economy: the concept and its limitations. Ecological Economics, 143, 37–46.
  9. Martínez-Vázquez, R. M., Milán-García, J., & de Pablo Valenciano, J. (2021). Challenges of the Blue Economy: evidence and research trends. Environmental Sciences Europe, 33(1), 61. https://doi.org/10.1186/s12302-021-00502-1
  10. Prayoga, P. (2022). The Indonesian Political-Economy: Maritime Development in Fisheries and Commerce. In Khanisa & F. Farhana (Eds.), ASEAN Maritime Security: The Global Maritime Fulcrum in the Indo-Pacific (pp. 43–63). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-2362-3_4
  11. Punia, A., Singh, R. P., & Chauhan, N. S. (2023). Green Human Resource Management and Circular Economy. In P. Singh, A. Yadav, I. Chowdhury, & R. P. Singh (Eds.), Green Circular Economy: A New Paradigm for Sustainable Development (pp. 67–83). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-40304-0_4
  12. van der Ploeg, J. D. (2021). The political economy of agroecology. The Journal of Peasant Studies, 48(2), 274–297. https://doi.org/10.1080/03066150.2020.1725489
  13. Wheelahan, L., & Moodie, G. (2022). Gig qualifications for the gig economy: micro-credentials and the ‘hungry mile.’ Higher Education, 83(6), 1279–1295. https://doi.org/10.1007/s10734-021-00742-3