Main Article Content

Abstract

Lazada merupakan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Berdasarkan jumlah pengguna Lazada yang besar, penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan pemasaran online terhadap keputusan pembelian di kantor Lazada di distrik Kuranji, Kota Padang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada pengguna aplikasi Lazada menggunakan metode sampling acak. Data diolah menggunakan perangkat lunak Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-count lebih besar dari t-table 2.152>1.985, persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-count lebih besar dari t-table 2.551<1,985, dan pemasaran online memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-count lebih besar dari t-table 2,402>1,985.

Keywords

Kualitas Produk Persepsi Harga Pemasaran Online Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Magdalena, M., & Fatahillah, M. I. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian (Kantor Lazada di Kecamatan Kuranji Kota Padang). Economics and Digital Business Review, 6(2), 1380–1392. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2628

References

  1. Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
  2. Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
  3. Basuki, K. (2019). Title. Issn 2502-3632 (Online) Issn 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.
  4. Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal Of Theory And Applied Management, 10(1), 1. Https://Doi.Org/10.20473/Jmtt.V10i1.5134
  5. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23 (8th Ed.).
  6. Harliana, W., & Budiarti, E. (2024). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Butik Al-Azfar Collction Di Surabaya). Jurnal Neraca Manajemen, 03(05), 42–46. Https://Doi.Org/10.8734/Mnmae.V1i2.359 Pengaruh
  7. Hetreed, J. (2008). Manajeman Produksi Dan Operasi. 1–8.
  8. Holwati, R., Setyowati, T., & Reskiputri, T. D. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Online Marketing, Dan Store Location Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Umkm Arsa Holtikultura Desa Karangsono). Jurnal Penelitian Ipteks, 6(2), 157–163. Http://Jurnal.Unmuhjember.Ac.Id/Index.Php/Penelitian_Ipteks/Article/View/5295
  9. I Gusti Ambayani. (2018). Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Di Gallery Smartfren Jalan Pulau Kawe No.03 Denpasar. Penelitian Ini Dilatar Belakangi Dengan Adanya Peningkatan Pen. 31–42.
  10. Istianah, Mardani, R. M., & Wahono, B. (2018). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma. E-Jurnal Riset Manajemen, 7(2), 46–58.
  11. Kotler, N. G., & Kotler, P. K. W. I. (N.D.). Museum_Marketing_And_Strategy_%280787996912%29.Pdf.
  12. Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. In Jurnal Penelitian Lanjutan Dalam Sistem Dinamis Dan Kontrol (Vol. 11).
  13. Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Principle Of Marketing. 1–63.
  14. Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Philip_Kotler_Manajemen_Pemasaran_Edisi.Pdf (P. 19).
  15. M.Agphin, R., & Sugiyono. (2015). Pengembangan Sumber Dana Sekolah Pada Sekolah Menengah Kejuruan Developing The Source Of School Funds In. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 340–351.
  16. Magdalena, M., & Wilzarwan, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Pada Toko Max-Indo Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 271. Https://Doi.Org/10.31575/Jp.V3i3.178
  17. Muhajir, H., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Finansia Multi Finance Kredit Plus. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 1-12.
  18. Marisa, N. (2007). Pembelian Dalam Sistem Informasi. 1–16.
  19. Muslikh, Robbyllah, M., & Budiarti, E. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Electronic Word Of Mount Terhadap Minat Beli Sepatu Vans (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus Surabaya) Robbyllah. Jurnal Neraca Manajemen, 3(5). Https://Doi.Org/10.8734/Mnmae.V1i2.359
  20. Nasikan, & Begy Andy Sasmito. (2013). Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Selular Merk Nokia. 2(April), 1–16.
  21. Novrianto, A. (2019). Pengaruh Kepribadian, Orientasi Kerja Dan Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Bank Nagari Cabang Utama Kota Padang. Jurnal Ekobistek, 8(2), 49–55.
  22. Nugroho, A., & Soliha, E. (2024). Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kecantikan: Peran Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Celebrity Endorsement. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 7(1), 226–242. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V7i1.1348
  23. Nugroho, I. A., Made, I., & Dirgantara, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk,Citra Merek Dan Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pt. Havindo Pakan Optima). Diponegoro Journal Of Management, 10(1), 1–11. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Dbr
  24. Paludi, S., & Juwita, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. 18(01), 41–53. Https://Doi.Org/10.25134/Equi.V18i01.Abstract
  25. Puspasari, D., Amalia, D., Pamungkas, E. W., Hendraliany, S., & Fitriani, D. (2024). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lensa Kontak Pada Diens Optik Purwakarta. Jurnal Emt Kita, 8(3), 974–983. Https://Doi.Org/10.35870/Emt.V8i3.2791
  26. Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V5i1.510
  27. Riau Rahmat Hidayat. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembeli Gula Aren Sawit Di Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai Provinsi Sumut). 1–2.
  28. Riyono, & Gigih Erlik Budiharja. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal Stie Semarang, 8(2), 92–121.
  29. Salsabilla, F., & Fasa, M. I. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 5(2), 3826–3833. Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej
  30. Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
  31. Singarimbun Dan Effendi (2006). (2020). Metode Penelitian. Lekture.Id, 10–35.
  32. Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kebijakan.
  33. Sukmawati, S., Asmaliani, I., & As' ad, A. (2024). Peningkatan Produksi dan Perbaikan Pemasaran dari Produk Abon Cakalang Pedas Kedai Shafa di kelurahan Pandang, Panakkukang, Makassar. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(4), 2928-2940.
  34. Suparno, S. S., Wenas, R. S., & Moniharapon, S. (2024). Pengaruh Brand Ambassador, Green Product, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Mahasiswa Febuniversitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Emba, 12(01), 249–260.
  35. Talunohi, H., Hardilawati, W. L., Fikri, K., Luthfi, M., Melina, E., & Farhat, L. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Merdeka Emba, 1(1), 195–204. Https://Ejurnal.Seminar-Id.Com/Index.Php/Ekuitas
  36. Utami, U. T. (2018). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Nasi Oplos Pak Aah Skripsi.
  37. Wahid, M. A. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Dan Nilai Pelanggan. 1–19.
  38. Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V3i2.9286