Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming, kualitas produk, dan content marketing terhadap purchase intention produk thrift pada Generasi Z di Sumatera Barat. Metode yang dipakai kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik sampling non probability sampling memakai rumus Lemeshow diperoleh 96 responden yang merupakan bagian dari Generasi Z di Sumatera Barat. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming, kualitas produk, dan content marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention produk thrift. Live streaming memberikan dampak dengan meningkatkan interaksi dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Kualitas produk berperan penting dalam membangun kepuasan dan loyalitas pelanggan. Sementara itu, content marketing yang menarik dan informatif mampu meningkatkan daya tarik produk serta mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan implikasi bagi para pelaku usaha thrift untuk lebih mengoptimalkan strategi pemasaran digital, khususnya melalui live streaming dan content marketing, serta memastikan kualitas produk yang baik guna meningkatkan minat beli konsumen.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abdjul, F., Massie, J. D., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh content marketing, search engine optimization dan social media marketing terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEB Unsrat di e-commerce Sociolla. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 225. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41752
- Basalamah, S. A. (2020). Strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Jurnal Ekonomika, 4(1), 73-81.
- Dewi, R. (2019). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian smartphone melalui minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL Unmul, 7(4), 409. https://doi.org/10.54144/jadbis.v7i4.2862
- Dina Nabillah, & Lubis, A. (2023). Pengaruh content marketing, sales promotion terhadap purchase intention pengguna Shopee pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 2(2), 56–65. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i2.1292
- Dona, E. (2015). Pengaruh brand awareness, perceived quality dan brand association terhadap keputusan pembelian ulang smartphone Advan di Kota Padang.
- Dona, E., Rivandi, M., Muslim, I., & Karimi, K. (2024). Pelatihan peningkatan produktivitas usaha mikro melalui layar lima inci. JPKBP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
- Febrian, A., & Vina Hapsari, C. A. (2019). Strategi pemasaran dalam mempengaruhi keputusan pembelian melalui niat sebagai mediasi. Buletin Studi Ekonomi, 24(2), 279. https://doi.org/10.24843/bse.2019.v24.i02.p09
- Jaya, D. P., & Utami, U. (2024). Pengaruh live streaming shopping dan price discount terhadap purchase intention pada aplikasi TikTok (studi pendahuluan). Jurnal Pijar Studi Manajemen dan Bisnis, 2(4), 356–365.
- Kotler, P. (2008). Kotler tentang pemasaran: Cara menciptakan, memenangkan, dan mendominasi pasar (p. 282). Gramedia.
- Muhajir, H., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Finansia Multi Finance Kredit Plus. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 1-12.
- Ni Putu Ayu Sintya Saraswati, & Dwi Ratna Agustini. (2022). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi penjualan pada Stripesme Thrift Shop Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1009–1013.
- Pokhrel, S. (2024). No title. ΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.
- Prasetiyo, B., Fadilah, R. M., Rahma, S. A., & Kale, S. F. (2023). Pengaruh live streaming video promotion, product price, dan kualitas produk terhadap buying decision produk pengguna TikTok Shop di Kelurahan Karang Pilang. SNHRP, 2022. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/643
- https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/643/575
- Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
- Sugiono, S. (2017). Metode penelitian bisnis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi dan R&D (p. 818). Alfabeta.
- Sukmawati, S., Asmaliani, I., & As' ad, A. (2024). Peningkatan Produksi dan Perbaikan Pemasaran dari Produk Abon Cakalang Pedas Kedai Shafa di kelurahan Pandang, Panakkukang, Makassar. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(4), 2928-2940.
- Widiyaningsih, N., & Nugroho, J. A. (2024). Pengaruh live streaming terhadap purchase intention pada thrift shop dengan consumers attitudes sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(1), 40–57. https://doi.org/10.9744/pemasaran.18.1.40-57
- Yakin, I. H., Supriatna, U., Rusdian, S., & Global Akademia, M. (2023). Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.
References
Abdjul, F., Massie, J. D., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh content marketing, search engine optimization dan social media marketing terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEB Unsrat di e-commerce Sociolla. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 225. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41752
Basalamah, S. A. (2020). Strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Jurnal Ekonomika, 4(1), 73-81.
Dewi, R. (2019). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian smartphone melalui minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL Unmul, 7(4), 409. https://doi.org/10.54144/jadbis.v7i4.2862
Dina Nabillah, & Lubis, A. (2023). Pengaruh content marketing, sales promotion terhadap purchase intention pengguna Shopee pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 2(2), 56–65. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i2.1292
Dona, E. (2015). Pengaruh brand awareness, perceived quality dan brand association terhadap keputusan pembelian ulang smartphone Advan di Kota Padang.
Dona, E., Rivandi, M., Muslim, I., & Karimi, K. (2024). Pelatihan peningkatan produktivitas usaha mikro melalui layar lima inci. JPKBP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Febrian, A., & Vina Hapsari, C. A. (2019). Strategi pemasaran dalam mempengaruhi keputusan pembelian melalui niat sebagai mediasi. Buletin Studi Ekonomi, 24(2), 279. https://doi.org/10.24843/bse.2019.v24.i02.p09
Jaya, D. P., & Utami, U. (2024). Pengaruh live streaming shopping dan price discount terhadap purchase intention pada aplikasi TikTok (studi pendahuluan). Jurnal Pijar Studi Manajemen dan Bisnis, 2(4), 356–365.
Kotler, P. (2008). Kotler tentang pemasaran: Cara menciptakan, memenangkan, dan mendominasi pasar (p. 282). Gramedia.
Muhajir, H., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Finansia Multi Finance Kredit Plus. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 1-12.
Ni Putu Ayu Sintya Saraswati, & Dwi Ratna Agustini. (2022). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi penjualan pada Stripesme Thrift Shop Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1009–1013.
Pokhrel, S. (2024). No title. ΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.
Prasetiyo, B., Fadilah, R. M., Rahma, S. A., & Kale, S. F. (2023). Pengaruh live streaming video promotion, product price, dan kualitas produk terhadap buying decision produk pengguna TikTok Shop di Kelurahan Karang Pilang. SNHRP, 2022. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/643
https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/643/575
Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
Sugiono, S. (2017). Metode penelitian bisnis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi dan R&D (p. 818). Alfabeta.
Sukmawati, S., Asmaliani, I., & As' ad, A. (2024). Peningkatan Produksi dan Perbaikan Pemasaran dari Produk Abon Cakalang Pedas Kedai Shafa di kelurahan Pandang, Panakkukang, Makassar. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(4), 2928-2940.
Widiyaningsih, N., & Nugroho, J. A. (2024). Pengaruh live streaming terhadap purchase intention pada thrift shop dengan consumers attitudes sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(1), 40–57. https://doi.org/10.9744/pemasaran.18.1.40-57
Yakin, I. H., Supriatna, U., Rusdian, S., & Global Akademia, M. (2023). Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.