Main Article Content

Abstract

Insiden gangguan sistem yang dialami Bank Syariah Indonesia (BSI) pada Mei 2023 menjadi titik kritis dalam pengelolaan reputasi dan strategi komunikasi krisis di sektor keuangan syariah. Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI menghadapi tantangan besar dalam menjaga kepercayaan publik dan memastikan keberlanjutan layanan di tengah era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Public Relations (PR) BSI dalam merespons krisis reputasi pasca serangan siber, dengan pendekatan kualitatif melalui analisis isi terhadap pemberitaan media daring nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi responsif, transparansi informasi, dan implementasi program pemulihan seperti Business Continuity Plan (BCP) serta penguatan keamanan digital menjadi langkah penting dalam membangun kembali kepercayaan publik. Temuan juga mengungkap bahwa persepsi publik dipengaruhi oleh konsistensi pesan, keterbukaan, serta kualitas respons institusi terhadap krisis. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis pada literatur komunikasi krisis berbasis nilai-nilai syariah, dan secara praktis memberikan rekomendasi strategis bagi institusi keuangan dalam mengelola reputasi di tengah risiko digital yang terus meningkat

Keywords

Public Relations Reputasi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Article Details

How to Cite
julianto, putra rizki. (2025). Strategi Public Relations BSI dalam Membangun Reputasi Pasca Insiden Gangguan Sistem Analisis Konten Berbasis Pemberitaan. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1543–1556. Retrieved from https://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2664

References

  1. Agustin, Ika Dyah Ayu, dan Loggar Bhilawa. 2020. “Reputasi CEO terhadap keberlangsungan usaha perusahaan.” Jurnal Akuntansi Unesa 8 (2): 1–10.
  2. Amilia, Siska. 2022. “Rekonstruksi regulasi akad pembiayaan murabahah pada perbankan syariah berbasis nilai ta’āwun wa tawāzun.” PhD Thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG. http://repository.unissula.ac.id/31011/.
  3. Anggraeni, Annisa Fitri, Apriyanto Apriyanto, Andi Rustam, Tri Kunawangsih Purnamaningrum, dan Niar Astaginy. 2025. Institusi Keuangan dan Pasar Modal. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  4. Anggraeni, Dini, Novika Ayu Triany, Apriyanto Apriyanto, dan Asep Sutresna. 2025. Komunikasi Korporat: Seni dan Strategi Membangun Citra Perusahaan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  5. antaranews.com. 2023. “Wapres ingatkan BSI benahi sistem pascainsiden gangguan.” Antara News. 15 Mei 2023. https://www.antaranews.com/berita/3540435/wapres-ingatkan-bsi-benahi-sistem-pascainsiden-gangguan.
  6. Ariesta, Nada Ranaya. t.t. “Pengaruh Persepsi Nasabah pada Ancaman Siber Ransomware, Gangguan Sistem Layanan Digital, Perlindungan Data, Transparansi Informasi, Kualitas Layanan, dan Reputas Bank Terhadap Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia.” B.S. thesis, FEB UIN JAKARTA.
  7. Ariyanto, Saptono. 2024. “Analisis Framing Model Robert N. Entman tentang Serangan Ransomware Pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk.” CommLine 9 (1): 59–77.
  8. Baderi, Firdaus. t.t. “SERANGAN SIBER KE LEMBAGA KEUANGAN: - Pakar: Hancurkan Reputasi Perbankan Syariah Indonesia | Neraca.co.id.”
  9. Bairizki, Ahmad. 2021a. Manajemen Public Relations (Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi). Pustaka Aksara.
  10. ———. 2021b. Manajemen Public Relations (Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi). Pustaka Aksara.
  11. “Bank BSI Pasca Serangan Siber: Mengungkap Potensi Kompensasi Bagi Nasabah.” t.t. LK2 FHUI. Diakses 8 Mei 2025. https://lk2fhui.law.ui.ac.id/portfolio/bank-bsi-pasca-serangan-siber-mengungkap-potensi-kompensasi-bagi-nasabah/.
  12. “Bank Syariah Indonesia.” t.t. Diakses 8 Mei 2025. https://ir.bankbsi.co.id/corporate_history.html.
  13. Benoit, William L. 2024. Accounts, excuses, and apologies: Image repair theory extended. State University of New York Press.
  14. Budianto, Eka Wahyu Hestya. 2023. “Pemetaan Penelitian Risiko Reputasi pada Perbankan Syariah dan Konvensional: Studi Bibliometrik VOSviewer dan Literature Review.” Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan 8 (1): 94–113.
  15. Cindrakasih, RR Roosita, Wulan Muhariani, Murtiadi Murtiadi, Eni Saeni, Priatna Priatna, Yulianti Fajar Wulandari, Yan Bastian, dan Hermawan Yulianto. 2024. Buku Ajar Public Relations & Manajemen Krisis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  16. Cutlip, Center, A. H., dan Broom. 2006. “Effective Public Relations.” Pearson Education.
  17. cyberthreat, dan Andi Nugroho cyberthread.id. t.t. “Gangguan Layanan Bank BSI Terlalu Lama, Pakar Curiga Terjadi Serangan Ransomware.” cyberthreat.id.
  18. Fadeli, Muhammad, S. Sos, Fitria Widiyani Roosinda, S. Sos, dan Cindy Meidina Trihapsari. 2023. “Manajemen Krisis PR Es Teh Indonesia dalam Pemulihan Image Negatif Pasca Somasi Konsumen pada Akun Twitter@ gandhoyy.” IN℡EKTUAL (E-Journal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi) 10 (2): 161–73.
  19. Filayly, Tri Nurul, dan Poppy Ruliana. 2022. “Strategi Public Relations dalam Memulihkan Citra Perusahaan.” PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 3 (1): 29–40. https://doi.org/10.25008/parahita.v3i1.76.
  20. “FISIP UNISRI.” t.t. Diakses 1 Juni 2025.
  21. Fuadi, Moh. 2021. “Strategi Public Relations Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Menjadi Donatur Di Upzisnu Pacar Peluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang Ditinjau Dari Ekonomi Islam.” PhD Thesis, IAIN Kediri. https://etheses.iainkediri.ac.id/4646/.
  22. “Gangguan IT Pulih, BSI Perkuat Sistem Keamanan Siber.” t.t. VOI - Waktunya Merevolusi Pemberitaan. Diakses 1 Juni 2025. https://voi.id/ekonomi/279794/gangguan-it-pulih-bsi-perkuat-sistem-keamanan-siber.
  23. Humas Indonesia. t.t.-a. “Kasus Serangan Siber Ke Sistem BSI, Kemenkominfo Bakal Klarifikasi.” Humas Indonesia. Diakses 1 Juni 2025. https://www.humasindonesia.id/berita/kasus-serangan-siber-ke-sistem-bsi-kemenkominfo-bakal-klarifikasi-1273?utm_source=chatgpt.com.
  24. ———. t.t.-b. “Kasus Serangan Siber Ke Sistem BSI, Kemenkominfo Bakal Klarifikasi.”
  25. Husnaini, Wahidatul, Elin Erlina Sasanti, dan Susi Retna Cahyaningtyas. 2018. “Corporate social responsibility (CSR) dan Reputasi Perusahaan.” Jurnal Aplikasi Akuntansi 2 (2): 1–9.
  26. “Kacaunya Sistem Token SMS BSI yang Baru.” t.t. https://mediakonsumen.com/2023/05/05/surat-pembaca/kacaunya-sistem-token-sms-bsi-yang-baru?utm_source=chatgpt.com.
  27. Khotimah, Siti, Talitha Azzahra, Nurul Khotimah, dan Muhamad Didan. 2024. “IDEOLOGI TRANS TV DALAM PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL TIKTOK.” Merdeka Indonesia Jurnal International 4 (2): 276–95.
  28. “Kronologi Dugaan Serangan Siber Terhadap BSI, Transaksi Sempat Lumpuh.” t.t. Diakses 8 Mei 2025. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230511084123-192-948087/kronologi-dugaan-serangan-siber-terhadap-bsi-transaksi-sempat-lumpuh.
  29. Maharani, Nabila Zaskia. 2025. “Manajemen Bisnis Syariah: Efektivitas Penerapan Prinsip Syariah Dalam Manajemen Pembiayaan Modal Usaha.” Jurnal Semesta Ilmu Manajemen dan Ekonomi 1 (4): 609–25.
  30. Marsellina, Fitri, Shar Aan, dan Fuadi Selamet. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nabasah Bank Syariah Indonesia Kota Bengkulu Pasca Insiden Gangguan Layanan.” Jurnal Ilmiah Keuangan dan Perbankan.
  31. Maulana, Bagus Restu, dan Nasrulloh Nasrulloh. 2024. “Analisis Strategi Pemulihan Citra Bank Syariah Indonesia Pasca Dugaan Serangan Siber.” EKSISBANK (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan) 8 (1): 76–91.
  32. Maulana, Lutfi, dan Nadia Fitriana. 2023. “Analisis dampak Insiden BSI Eror dan Dugaan Hacking Bank Syariah Indonesia (BSI) terhadap kepercayaan dan loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Subang.” Rayah Al-Islam 7 (3): 1755–68.
  33. Mediatama, Grahanusa. t.t. “Layanan Bank BSI Hari Ini, Kamis 11 Mei 2023 Masih Mengalami Gangguan, Nasabah Kecewa.” PT. Kontan Grahanusa Mediatama. Diakses 1 Juni 2025. https://insight.kontan.co.id/news/layanan-bank-bsi-hari-ini-kamis-10-mei-2023-masih-mengalami-gangguan-nasabah-kecewa.
  34. Meiva Azarine, Agdelia. t.t. “Bank BSI Pasca Serangan Siber: Mengungkap Potensi Kompensasi Bagi Nasabah.” LK2 FHUI (blog). Diakses 18 Mei 2025.
  35. Miliani, Aminah, Sindy Pramudita, Rosanti Rosanti, Galuh Febriyanti, dan Kartika Kartika. 2025. “Corporate communication Sebagai Strategi Utama dalam Pengelolaan Citra Organisasi.” COMTE: Journal of Sociology Research and Education 1 (6): 250–58.
  36. Muhaimin, Syam. 2025. “Analisis Serangan Ransomware Pada Sistem Keamanan Siber Bank Syariah Indoneisa (BSI) Terhadap Customer Turst.” Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 6 (2): 67–72.
  37. Mukhra, Uly Handayani, Jasman J. Makruf, T. Meldi Kesuma, Ahmad Nizam, dan M. Ridha Siregar. 2024. Mobile Banking Dalam Persepsi Privasi Nasabah. Syiah Kuala University Press.
  38. Nasrulloh, Nasrulloh, dan Restu Maulana Bagus. 2024. “Analisis Strategi Pemulihan Citra Bank Syariah Indonesia Pasca Dugaan Serangan Siber.” EKSISBANK.
  39. Nurhayati, Euis Sri, dan Laksmi Laksmi. 2023. “Analisis Framing Model Entman pada Pemberitaan Kebocoran Data Aplikasi Pedulilindungi oleh Media Online.” Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi 7 (4): 573–90.
  40. “OJK Minta BSI Percepat Pemulihan Sistem yang Kena Serangan Siber.” t.t. Diakses 1 Juni 2025. https://finance.detik.com/moneter/d-6713631/ojk-minta-bsi-percepat-pemulihan-sistem-yang-kena-serangan-siber?utm_source=chatgpt.com.
  41. “Perjalanan Kasus BSI, dari Gangguan Layanan sampai ‘Hacker’ Minta Tebusan Halaman all - Kompas.com.” t.t. Diakses 8 Mei 2025. https://money.kompas.com/read/2023/05/17/072027926/perjalanan-kasus-bsi-dari-gangguan-layanan-sampai-hacker-minta-tebusan?page=all.
  42. Putri, Yolanda Mario. 2020. “Meningkatkan Kompetensi Dalam Membentuk Opini Publik Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Public Relations.” https://osf.io/preprints/536fb/.
  43. Sari, Ifit Novita, Lilla Puji Lestari, Dedy Wijaya Kusuma, Siti Mafulah, Diah Puji Nali Brata, Jauhara Dian Nurul Iffah, Asri Widiatsih, Edy Setiyo Utomo, Ifdlolul Maghfur, dan Marinda Sari Sofiyana. 2022. Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.
  44. Siregar, Subroto. 2023. “Gangguan Layanan pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk.” UIN Syahada Padangsidimpuan (blog). 11 Agustus 2023.
  45. Surjantoro, Deny. t.t. “Siaran Pers: Gangguan Layanan BSI Tidak Pengaruhi Layanan Penerimaan dan Pengeluaran Negara.”
  46. Tayibnapis, Ahmad Zafrullah. 2021. “Studi Kasus Kebangkitan UMKM Di Indonesia.” http://repository.ubaya.ac.id/38778/.
  47. Thohir, Erick. 2024. “Setahun Lalu Mobile Banking BSI Pernah Error Beberapa Hari, Erick Thohir: Ada Serangan | tempo.co.” Tempo. 10 Juni 2024.
  48. Ulfah, Almira Keumala, Ramadhan Razali, Habibur Rahman, Abd Ghofur, Umar Bukhory, Sri Rizqi Wahyuningrum, Muhammad Yusup, Rita Inderawati, dan Faqihul Muqoddam. 2022. Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset dan Pengembangan). IAIN Madura Press.
  49. Ummah, Athik Hidayatul. 2022. Manajemen industri media massa. Syiah Kuala University Press.
  50. Ustaz. t.t. “Kementerian Komunikasi dan Digital.”
  51. Wati, Mirna. 2021. “Peran Public Relation dalam membangun citra perusahaan PT. Panca Usaha Palopo Plywood Kab. Luwu.” PhD Thesis, IAIN PAREPARE.
  52. Yaviansyah, Rizqi Agung Azviyanto. 2023. “Analisis Framing Pemberitaan Kekerasan Santri Pondok Darussalam Gontor dalam Media Koran Jawapos dan Surya.” PhD Thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri. http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1643.
  53. YOGATAMA, BENEDIKTUS KRISNA. t.t. “Buntut Gangguan Layanan, BSI Ganti Direktur Teknologi Informasi.” kompas.id.