Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kehadiran mini market terhadap pertumbuhan UMKM di Kecamatan Dompu. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis dampak kehadiran mini market terhadap pertumbuhan UMKM di Kecamatan Dompu, dimana data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 95 pelaaku UMKM disekitar lokasi mini market. Data di analisis mengunakan regresi linier sederhana untuk melihat pengaruh signifikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kehadiran mini market di kecamatan dompu memberikan penggaruh yang signifikan terhadap dinamika pertumbuhan UMKM diwilayah tersebut. Sebanyak 70% responden menyatakan mengalami penurunan omset, khususnya yang bergerak di sektor perdagangan eceran seperti warung sembako. Hal ini dikarenakan mini market memiliki keunggulan dari sisi harga, promo, kenyamanan belanja, serta ketersediaan produk yang beragam. Banyak konsumen lokal yang beralih ke mini market untuk memenuhi kebutuhan harian mereka. Sebaliknya sekitar 30% responden menyatakan bahwa kehadiran mini market tidak ada perubahan yang signifikan.kebaruan dari penelitian ini terletak pada fokus wilayah yang belum banyak diteliti serta pendekatan analisis terhadap aspek adaptasi UMKM dalam menghadapi persaingan modern. Temuan ini memberikan dasar bagi kebijakan perlindungan dan pemberdayaan UMKM di daerah berkembang.

Keywords

Kehadiran Mini Market Pertumbuhan UMKM

Article Details

How to Cite
Ningsih, F. W. . ., Suhaety, Y. ., & Fasihat, D. U. . (2025). Dampak Kehadiran Mini Market Terhadap Pertumbuhan Umkm Di Kecamatan Dompu. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1347–1358. Retrieved from https://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2709

References

  1. Afdiyah sarifatul zaeny1, Ririh Sri Harjanti2, K. (2021) ‘DAMPAK KEBERADAAN TOKO RITEL MODERN TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL’.
  2. Aminah, A. and Dinata Pemuka, R. (2023) ‘Kinerja Keuangan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Dampaknya Pada Nilai Perusahaan’, SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(5), pp. 1127–1134. Available at: https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i5.586.
  3. Ayler Beniah Ndraha1), Dermawan Zebua2), Asokhiwa Zega3), M.K.Z. (2024) ‘Dampak Ekonomi Digital Terhadap Pertumbuhan umkm di era industri 4.0’, Benefit: Journal of Bussiness, Economics, and Finance, 2(1), pp. 27–35. Available at: https://doi.org/10.37985/benefit.v2i1.335.
  4. Azhar, R.K.& (2021) ‘Analisis Dampak Toko Modern Terhadap Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah Di Kota Padangsidimpuan’, Sustainability (Switzerland), IV(1), pp. 208–230. Available at: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
  5. Ginanjar Wahyudi1, Turmudzi Basyir2, S.A. (2024) ‘Kajian Bagaimana Keberadaan Pasar Kontenporer Mempengaruhi Pedagang Konvenssional di Kota Gumawang Ginanjar’, mutiara : jurnal ilmiah multidisiplin indonesia, 2(4), pp. 124–134. Available at: https://jurnal.tiga-mutiara.com/index.php/jimi/index%0AKajian.
  6. Helmi, H. (2019) ‘Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan’, Jurnal Akuntansi Unihaz - JAZ, 2(1), pp. 1–10.
  7. Michael Porter (SMJ 1991) and Why (1991) ‘No TitleΕΛΕΝΗ’, Αγαη, 8(5), p. 55.
  8. Novita, C. (2018) ‘DAMPAK KEHADIRAN MINIMARKET TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG ECERAN & GROSIR DI DESA HESSA AIR GENTING KEC. AIR BATU KAB. ASAHAN’, 3(2), pp. 91–102.
  9. Nur, M. and Hasang, I. (2019) ‘Pengaruh Minimarket Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Di Kota Parepare’, Journal of Management & Business, 2(2), pp. 263–279. Available at: journal.stieamkop.ac.id/seiko%0Ahttps://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/665/378.
  10. Roihah, I. (2023) ‘AnalisisKeberadaan Minimarket Terhadap Usaha Kecil Menurut PerspektifEkonomi Islam di Desa Wringin Kecamatan Wringin KabupatenBondowoso’, (April).
  11. SERTIKA (2024) ‘KETAHANAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TERHADAP KEBERADAAN INDOMARET DI KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM SEKRIPSI’, skripsi, 15(1), pp. 37–48.
  12. Sihombing, P.R., Rewah, F. and Lobja, X.E. (2022) ‘Pengaruh Kehadiran Minimarket Terhadap Pendapatan Kios Kecil di Kelurahan Tataaran II Kecamatan Tondano Selatan’, GEOGRAPHIA : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Geografi, 3(2), pp. 80–90. Available at: https://doi.org/10.53682/gjppg.v3i2.1409.
  13. Suprianto, M. (2017) ‘Analisis Bangkitan Tarikan Pengunjung Minimarket Di Kota Makassar’, Jurnal Teknik Sipil Universitas Hasanuddin [Preprint].
  14. Wahyu (2018) ‘ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN MINIMARKET TERHADAP USAHA MIKRO DAN KECIL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM’, FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR PROGRAM STUDI HUKUM EKONOMI SYARIAH, 3(2), pp. 91–102.