Main Article Content

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan dua elemen strategis yang saling melengkapi dalam membentuk tata kelola perusahaan yang berkelanjutan dan beretika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep, tujuan, manfaat, prinsip-prinsip utama, serta tantangan dalam implementasi GCG dan CSR di Indonesia. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka dan studi kasus pada PT PLN (Persero) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Teknik analisis isi digunakan untuk mengidentifikasi pola-pola tematik dari dokumen, literatur, dan laporan perusahaan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi GCG dan CSR mampu meningkatkan nilai perusahaan, memperkuat reputasi, dan menciptakan kepercayaan stakeholder. Namun, implementasinya masih menghadapi berbagai kendala, seperti lemahnya komitmen manajerial, minimnya pengawasan internal, serta anggapan bahwa CSR merupakan beban biaya. Oleh karena itu, integrasi GCG dan CSR harus menjadi bagian dari strategi perusahaan secara menyeluruh. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi manajer, regulator, dan akademisi dalam membangun model tata kelola dan tanggung jawab sosial yang efektif dan kontekstual di Indonesia.

Keywords

Good Corporate Governance Corporate Social Responsibility Tata Kelola Keberlanjutan Perusahaan Indonesia

Article Details

How to Cite
Situmeang, L. F., Bintang Pasaribu, J. P., Lumbangaol, I. E. J., Silitonga, H. P., & Putri Aruan, H. M. G. (2025). Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1294–1302. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2748

References

  1. Agustin Teras Narang, & Daniel Pradina Oktavian. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Menurut Perspektif Iso 26000. Jurnal Hukum To-Ra : Hukum Untuk Mengatur Dan Melindungi Masyarakat, 8(3), 374–385. https://doi.org/10.55809/tora.v8i3.157
  2. Alkhairani, Kamaliah, & Rokhmawati, A. (2020). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi KIAT, 31(1), 10–25.
  3. Annisa Siregar, N., Purba, R., Maysarah, S., & Nanda Rayani Sinuhaji, T. (2023). Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2623–2630. https://jim.usk.ac.id/sejarah
  4. Alkhairani, R., Mahfud, M. K., & Sudarmiatin, S. (2020). Corporate social responsibility dan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 654–662.
  5. Carroll, A. B., & Shabana, K. M. (2010). The business case for corporate social responsibility: A review of concepts, research and practice. International Journal of Management Reviews, 12(1), 85–105. https://doi.org/10.1111/j.1468-2370.2009.00275.x
  6. Claessens, S., & Yurtoglu, B. B. (2013). Corporate governance in emerging markets: A survey. Emerging Markets Review, 15, 1–33. https://doi.org/10.1016/j.ememar.2012.03.002
  7. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
  8. Dwiridotjahjono, J. (2009). Penerapan Good Corporate Governance : Manfaat Dan Tantangan Serta Kesempatan Bagi Perusahaan Publik Di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 5(2), 101–112.
  9. Emirzon, J. (2006). Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Pada Perusahaan Di Indonesia. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya, 4(8).
  10. Effendi, M. A. (2016). The power of good corporate governance: Teori dan implementasi. Jakarta: Salemba Empat.
  11. Emirzon, J. (2006). Prinsip-prinsip good corporate governance: Suatu kajian teori dan praktik. Yogyakarta: Genta Publishing.
  12. Felisha, R. (2022). Analisis penerapan corporate social responsibility pada PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 10(2), 45–53.
  13. Ghazali, N. A. M. (2007). Ownership structure and corporate social responsibility disclosure: Some Malaysian evidence. Corporate Governance: The International Journal of Business in Society, 7(3), 251–266. https://doi.org/10.1108/14720700710756535
  14. Hediono, H., & Prasetyaningsih, D. (2019). Implementasi prinsip-prinsip good corporate governance pada perusahaan publik. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(2), 347–359.
  15. International Finance Corporation (IFC). (2018). Corporate governance: A toolkit for small and medium enterprises. Washington, DC: The World Bank Group.
  16. ISO. (2010). ISO 26000: Guidance on social responsibility. Geneva: International Organization for Standardization.
  17. Jamali, D., & Mirshak, R. (2007). Corporate social responsibility (CSR): Theory and practice in a developing country context. Journal of Business Ethics, 72(3), 243–262. https://doi.org/10.1007/s10551-006-9168-4
  18. Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology (4th ed.). SAGE Publications.
  19. Lee, M.-D. P. (2008). A review of the theories of corporate social responsibility: Its evolutionary path and the road ahead. International Journal of Management Reviews, 10(1), 53–73. https://doi.org/10.1111/j.1468-2370.2007.00226.x
  20. Maignan, I., & Ferrell, O. C. (2004). Corporate social responsibility and marketing: An integrative framework. Journal of the Academy of Marketing Science, 32(1), 3–19. https://doi.org/10.1177/0092070303258971
  21. Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
  22. Narang, A. T., & Oktavian, D. P. (2022). Implementasi ISO 26000 dalam program CSR perusahaan di Indonesia. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, 9(1), 15–25.
  23. Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). SAGE Publications.
  24. Porter, M. E., & Kramer, M. R. (2011). Creating shared value: How to reinvent capitalism—and unleash a wave of innovation and growth. Harvard Business Review, 89(1/2), 62–77.
  25. Rahmawati, Y., Putri, E. R., & Kurniasih, L. (2017). Pengaruh good corporate governance terhadap efisiensi operasional BUMN di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 32(3), 190–200.
  26. Setiorini, K. R., Fidayanti, F., Kalbuana, N., & Cakranegara, P. A. (2022). Pengaruh Leverage sebagai Pemoderasi Hubungan GCG, CSR dan Agresivitas Pajak terhadap Financial Disstress pada Perusahaan Perbankan Syariah di Indonesia. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 194–202. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1750
  27. Sopyan, R. (2014). Corporate social responsibility: Tanggung jawab sosial perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan. Bandung: Alfabeta.
  28. Tjondro, D., & Wilopo, R. (2011). Pengaruh Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Profitabilitas Dan Kinerja Saham Perusahaan Perbankan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Business and Banking, 1(1), 1. https://doi.org/10.14414/jbb.v1i1.148
  29. World Bank. (2020). Worldwide governance indicators. https://info.worldbank.org/governance/wgi/
  30. Zarefar, A., & Sawarjuwono, T. (2021). Corporate social responsibility sebagai strategi perusahaan dalam mewujudkan bisnis berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 12(1), 112–123.
  31. Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.