Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, persepsi harga, dan cita rasa terhadap kepuasan pelanggan di Warung Bu De. Penelitian kuantitatif ini menggunakan sampel sebanyak 74 responden yang dipilih secara acak dan dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F), ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Namun, pada uji parsial (Uji t), ditemukan bahwa hanya variabel kualitas layanan yang memiliki pengaruh signifikan secara individu (Sig. = 0,016), sementara persepsi harga (Sig. = 0,119) dan cita rasa (Sig. = 0,179) tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa kualitas layanan merupakan faktor prediktor utama yang paling dominan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Warung Bu De, melebihi faktor harga dan cita rasa.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abimanyu, R. dan Hermana, C. (2023) “Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(1), hal. 398–408. Tersedia pada: https://doi.org/10.5281/zenodo.7545920.
- Adolph, R. (2016) “PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING,” hal. 1–23.
- Dewi, C. (2014) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Minat Beli Konsumen di Rumah Makan Boga-Bogi Surakarta,” Informatika, 1(2), hal. 53–64.
- Fadilah, B.R., Ilhamuddin, M. dan Dayani, R. (2024) “Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan Rasbani Selong Lombok Timur,” Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahan, 2(2).
- Hermansah, F. (2022) “Pengaruh Suasana Cafe Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Cafe CaliCoffice BSD City, Tangerang Selatan),” hal. 1–83.
- Ikhsan, W.N. (2022) “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Serambi Kopi Pekanbaru,” Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), hal. 190–195. Tersedia pada: https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i2.1086.
- Liman, J. (2016). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Konsumen Kopi Luwak di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), Vol. 5 No. 3.
- Liman, P. (2016) “Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Minyak Goreng Kemasan Cv.Indo Sari Abadi,” Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen, 3(6), hal. 95–107.
- Maimunnah. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada RM Sederhana di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol. 16 No. 1, Hal. 75–83.
- Maimunah, S. (2019) “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen,” IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 1(2), hal. 57–68. Tersedia pada: https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542.
- Prativi, D.D., Anggraini, N.P.N. dan Ribek, P.K. (2022) “Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Adira Dinamika Multi Finance, TBK Denpasar,” Jurnal Emas, 3(5), hal. 22–33.
- Putra, N.D.D. (2023) “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Gianyar,” 4.
- Ridyanto Agung Barasa (2023) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Persepsi Harga, Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Di Kota Medan,” hal. 1–30. Tersedia pada: https://berita.90.co/menu-mie-gacoan/.
- Sepang, J. R. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Pondok Hijau di Kota Bitung. Jurnal EMBA, Vol. 3 No. 2, Hal. 787–796.
- Sepang, M. dan (2015) “PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN KAWAN BARU,” Notes and Queries, s9-XII(303), hal. 308. Tersedia pada: https://doi.org/10.1093/nq/s9-XII.303.308-b.
- Setyorini, D. (2024) “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Daya Beli Pelanggan pada Platform E-commerce di Kota Medan,” Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), hal. 73–78. Tersedia pada: https://doi.org/10.54082/jupin.266.
- Sibarani, R. (2023) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening,” Prosiding, 3(4), hal. 10–17. Tersedia pada: https://doi.org/10.59134/prosidng.v3i.288.
- Syarifudin, S. et al. (2023) “Pengaruh Faktor Lokasi Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Caffe Puja Sera,” Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 5(1), hal. 01–10. Tersedia pada: https://doi.org/10.55542/juiim.v5i1.533.
- Tampanguma, I.K., Kalangi, J.A.F. dan Walangitan, O. (2022) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado,” Productivivty, 3(1), hal. 7–12.
- Theory, T.H.E., Open, O.F. dan Systems, Q. (2022) “Pengaruh Iklan, Kualitas Layanan, Atmosfer, Dan Citarasa Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Oxford University Press, (2013), hal. 649.
- Yohana Walangitan, B., Dotulong, L.O. dan Poluan, J.G. (2022) “Pengaruh Diskon Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Untuk Menggunakan Transportasi Online (Studi Pada Konsumen Maxim Di Kota Manado),” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), hal. 511–521.
References
Abimanyu, R. dan Hermana, C. (2023) “Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(1), hal. 398–408. Tersedia pada: https://doi.org/10.5281/zenodo.7545920.
Adolph, R. (2016) “PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING,” hal. 1–23.
Dewi, C. (2014) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Minat Beli Konsumen di Rumah Makan Boga-Bogi Surakarta,” Informatika, 1(2), hal. 53–64.
Fadilah, B.R., Ilhamuddin, M. dan Dayani, R. (2024) “Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan Rasbani Selong Lombok Timur,” Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahan, 2(2).
Hermansah, F. (2022) “Pengaruh Suasana Cafe Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Cafe CaliCoffice BSD City, Tangerang Selatan),” hal. 1–83.
Ikhsan, W.N. (2022) “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Serambi Kopi Pekanbaru,” Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), hal. 190–195. Tersedia pada: https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i2.1086.
Liman, J. (2016). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Konsumen Kopi Luwak di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), Vol. 5 No. 3.
Liman, P. (2016) “Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Minyak Goreng Kemasan Cv.Indo Sari Abadi,” Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen, 3(6), hal. 95–107.
Maimunnah. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada RM Sederhana di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol. 16 No. 1, Hal. 75–83.
Maimunah, S. (2019) “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen,” IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 1(2), hal. 57–68. Tersedia pada: https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542.
Prativi, D.D., Anggraini, N.P.N. dan Ribek, P.K. (2022) “Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Adira Dinamika Multi Finance, TBK Denpasar,” Jurnal Emas, 3(5), hal. 22–33.
Putra, N.D.D. (2023) “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Gianyar,” 4.
Ridyanto Agung Barasa (2023) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Persepsi Harga, Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Di Kota Medan,” hal. 1–30. Tersedia pada: https://berita.90.co/menu-mie-gacoan/.
Sepang, J. R. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Pondok Hijau di Kota Bitung. Jurnal EMBA, Vol. 3 No. 2, Hal. 787–796.
Sepang, M. dan (2015) “PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN KAWAN BARU,” Notes and Queries, s9-XII(303), hal. 308. Tersedia pada: https://doi.org/10.1093/nq/s9-XII.303.308-b.
Setyorini, D. (2024) “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Daya Beli Pelanggan pada Platform E-commerce di Kota Medan,” Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), hal. 73–78. Tersedia pada: https://doi.org/10.54082/jupin.266.
Sibarani, R. (2023) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening,” Prosiding, 3(4), hal. 10–17. Tersedia pada: https://doi.org/10.59134/prosidng.v3i.288.
Syarifudin, S. et al. (2023) “Pengaruh Faktor Lokasi Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Caffe Puja Sera,” Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 5(1), hal. 01–10. Tersedia pada: https://doi.org/10.55542/juiim.v5i1.533.
Tampanguma, I.K., Kalangi, J.A.F. dan Walangitan, O. (2022) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado,” Productivivty, 3(1), hal. 7–12.
Theory, T.H.E., Open, O.F. dan Systems, Q. (2022) “Pengaruh Iklan, Kualitas Layanan, Atmosfer, Dan Citarasa Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Oxford University Press, (2013), hal. 649.
Yohana Walangitan, B., Dotulong, L.O. dan Poluan, J.G. (2022) “Pengaruh Diskon Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Untuk Menggunakan Transportasi Online (Studi Pada Konsumen Maxim Di Kota Manado),” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), hal. 511–521.