Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan chatbot dan virtual try-on berbasis augmented reality terhadap kepercayaan konsumen terhadap produk Somethinc di platform TikTok. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya persaingan industri kecantikan dan pentingnya kepercayaan konsumen dalam proses pembelian online, khususnya dalam konteks promosi digital yang mengandalkan teknologi interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 77 responden, yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan angkatan 2021 yang merupakan pengguna TikTok dan produk Somethinc. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chatbot dan virtual try-on secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Temuan ini memperkuat pentingnya pemanfaatan teknologi berbasis AI dan AR dalam meningkatkan kepercayaan serta pengalaman konsumen dalam belanja online. Dengan demikian, perusahaan disarankan untuk terus mengembangkan fitur chatbot dan virtual try-on agar dapat menciptakan interaksi yang lebih responsif, akurat, dan personal dalam membangun kepercayaan konsumen.

Keywords

Chatbot; Virtual Try-On; Augmented Reality; Kepercayaan Konsumen; TikTok; Somethinc

Article Details

How to Cite
Nasution, D. A. ., & Haryadi, H. (2025). Pengaruh Interaksi Digital Terhadap Kepercayaan Konsumen: Studi Kasus Penggunaan Chatbot dan Virtual Try-On Pada Produk Somethinc di TikTok. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1255–1264. Retrieved from https://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2767

References

  1. Adam, M., Wessel, M., & Benlian, A. (2021). AI-based chatbots in customer service and their effects on user compliance. Electronic Markets, 31(2), 427–445. https://doi.org/10.1007/s12525-020-00414-7
  2. Basuki, T. F. H., & Febrianta, Y. M. (2024). Pengaruh Empathy Response, Anonymity, dan Customization terhadap Customer Trust pada Chatbot Customer Service Tokopedia. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5, 4054.
  3. Dhianita, S., & Rufaidah, P. (2024). The Role of Virtual Try-On Augmented Reality of Cosmetic Products on Purchase Intention Mediated by Brand Trust. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 1111–1123. https://doi.org/10.33096/jmb.v11i2.797
  4. Endarto, I. A., & Martadi. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif. Jurnal Barik, 4(1), 37–51. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
  5. Fitriansyah, R. S., Triana, S. R., & Masnita, Y. (2023). Peran Moderasi Pengungkapan Chatbot Menggunakan Konteks E-Commerce Terhadap Kepercayaan Pada Chatbot (Vol. 2, Issue 4). http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat
  6. Harisi, M. R., & Hiwono, E. M. (2024). Pengaruh Chatbot Usage terhadap Customer Satisfaction. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(Februari), 66–73. https://doi.org/XX..XXXXX/Jimea
  7. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15 th). Pearson Education,Inc.
  8. Kurniawati, Christiawan, M., Herman, F., Rahyadi, I., & Mani, L. (2024). The Value of Augmented Reality Virtual Try-On and Product Information Distribution in Amplifying Customer Satisfaction through Brand Experience. Journal of Distribution Science, 22(10), 65–77. https://doi.org/10.15722/jds.22.10.202410.65
  9. Luo, X., Tong, S., Fang, Z., & Qu, Z. (2019). Frontiers: Machines vs. humans: The impact of artificial intelligence chatbot disclosure on customer purchases. Marketing Science, 38(6), 937–947. https://doi.org/10.1287/mksc.2019.1192
  10. Mutyara, M. R. A., Hasman, H. C. P., Alfifto, & Darmansyah, M. R. (2024). Pengaruh Kompetensi dan Kredibilitas Chatbot AI Terhadap Kepercayaan Penggunaan Chatbot AI Pada Pengguna Lazada Di Kota Medan. The Mutataqien Journal Of Economic And Business, 13, 1–13.
  11. Pantano, E., Priporas, C. V., & Dennis, C. (2018). A new approach to retailing for successful competition in the new smart scenario. International Journal of Retail and Distribution Management, 46(3), 264–282. https://doi.org/10.1108/IJRDM-04-2017-0080
  12. Permana, A. I. (2020). Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak. Ekonomi Bisnis, 25(2), 94–109. https://doi.org/10.33592/jeb.v25i2.422
  13. Safitri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kosmetik MSGlow Store Pusat Lamongan. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 2(4), 1–10.
  14. Yuliawan, E., Siagian, H., & Willis, L. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan).
  15. Zhang, T., Wang, W. Y. C., Cao, L., & Wang, Y. (2019). The role of virtual try-on technology in online purchase decision from consumers’ aspect. Internet Research, 29(3), 529–551. https://doi.org/10.1108/IntR-12-2017-0540