Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada PT. Suracojaya Abadi Motor. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat atau konsumen yang menggunakan motor Yamaha Mio, sedangkan pengambilan sampel yang dilakukan adalah menggunakan metode sampel acak sederhana (metode simple random sampling) kepada konsumen pemilik motor Yamaha Mio, dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang pelanggan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang di isi oleh para responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, distribusi, dan promosi dalam bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Mio PT. Suraco Jaya Abadi Motor. Dari seluruh variabel bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) yang didapat setelah pengujian, variabel produk yang mempunyai pengaruh paling dominan dan signifikan dalam keputusan pembelian motor Yamaha Mio pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor.

Keywords

bauran pemasaran; produk; harga; distribusi; promosi; keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Dewi , R. ., & Amrah , W. . (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian. Economics and Digital Business Review, 2(2), 241–256. https://doi.org/10.37531/ecotal.v2i2.435

References

  1. Ambarwati, T. P. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian handphone Samsung (studi kasus pada konsumen handphone Samsung di Yogyakarta). STIE YKPN. https://je.ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/2043
  2. Armalinda, C. (2016). Pengaruh produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Lulu Mart di Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/06/
  3. Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran.
  4. Azmi, M. F., & Suharyono, S. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian (Survei pada mahasiswa yang menggunakan Notebook Asus di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1). http://repository.ub.ac.id/117908/
  5. Daud, Z. U. (2018). Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.981
  6. Dewi, O. I. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen Chang Tea di Surabaya. Agora, 6(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/7775
  7. Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen pemasaran: analisa perilaku konsumen.
  8. Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2005). Consumer behavior. 8th, forth worth. Dryden Press, Texas.
  9. Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian produk Sanitary Ware Toto di Kota Denpasar. Udayana University. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/35419/21667
  10. Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2015). Pengaruh strategi marketing mix (produk, harga, promosi dan distribusi) terhadap keputusan pembelian konsumen batik di Surabaya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 12(02). http://dx.doi.org/10.30651/blc.v12i02.1630
  11. Hanaysha, J. R., Al Shaikh, M. E., & Alzoubi, H. M. (2021). Importance of marketing mix elements in determining consumer purchase decision in the retail market. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology (IJSSMET), 12(6), 56–72. https://www.igi-global.com/article/importance-of-marketing-mix-elements-in-determining-consumer-purchase-decision-in-the-retail-market/289416
  12. Hanifaradiz, A., & Satrio, B. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sabun mandi lifebuoy di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/734/743
  13. Hapsoro, B. B., & Hafidh, W. A. (2018). The influence of product quality, brand image on purchasing decisions through brand trust as mediating variable. Management Analysis Journal, 7(4), 528–539. https://doi.org/10.15294/maj.v7i4.30407
  14. Harahap, D. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242. https://osf.io/2dg3q/download
  15. Harjuno, P. (2018). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian motor matic Honda Scoopy (studi kasus pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3386
  16. Hermawan, H. (2015). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan, kepuasan dan loyalitas konsumen dalam pembelian roti ceria di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.32528/jmbi.v1i2.21
  17. Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 9(2). http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/54
  18. Irawan, D. T. B., & Satrio, B. (2015). Pengaruh produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil avanza. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(9). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3260
  19. Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
  20. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
  21. Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 128–136. http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/viewFile/13/13
  22. Linardo, M. (2018). Manajemen pemasaran. Cikudanews.
  23. Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2013). Service marketing management. Jakarta: Salemba Empat.
  24. Mahanani, E. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk Mataharimall. Com. Journal Ikhraith Humaniora, 2(1), 53–61. http://repository.upi-yai.ac.id/1922/
  25. Mandey, J. B. (2018). Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2577
  26. Nugroho, N. T. (2015). Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air mineral kemasan (studi kasus Desa Tohudan, Colomadu Karanganyar). DutaCom, 8(1). http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/583
  27. Philip, K., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.
  28. Prasastiningtyas, T. R., & Djawoto, D. (2016). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian kartu seluler. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/852/865
  29. Rahmah, K., Sumarwan, U., & Najib, M. (2018). The effect of brand equity, marketing mix, and lifestyle to purchase decision at Maxx Coffee, Bogor. Journal of Consumer Sciences, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.29244/jcs.3.2.01-15
  30. Saladin, D. (2006). Manajemen pemasaran. Edisi Keempat, Bandung: Linda Karya.
  31. Setiawan, W. (2019). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian Toyota Avanza tipe G di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–8. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1799
  32. Sipayung, M. L., & Sinaga, A. H. (2017). Marketing mix effect and quality product purchase decision on rice pandaraman in South Tapanuli Region. IOSR Journal of Business and Management, 19(3), 85–89. https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.1064.7013&rep=rep1&type=pdf
  33. Umar, H. (2005). Riset pemasaran dan perilaku konsumen, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
  34. Widyastuti, A. N., Pujiharto, P., Tubastuvi, N., & Santoso, S. B. (2020). The effect of marketing mix on purchase decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 163–176. https://doi.org/10.18196/mb.11295
  35. Woo, J., Ahn, J., Lee, J., & Koo, Y. (2015). Media channels and consumer purchasing decisions. Industrial Management & Data Systems. https://doi.org/10.1108/IMDS-02-2015-0036